Notification

×

Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang, Gelar Vaksinasi Lintas Agama Tahap Kedua

Kamis, 09 September 2021 | September 09, 2021 WIB

 

universitas_muhammadiyah_kupang
MATALINENEWS- Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), Nusa Tenggara Timur, menggelar vaksinasi masal lintas agama  tahap kedua bekerjasama dengan MCCC PP Muhammadiyah, Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Klinik’ Aisyiyah Kota Kupang sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kupang, Kamis,(09/09/2021).

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9- 11 november 2021 di aula utama Universitas Muhammadiyah Kupang.

Kepada media Ketua panitia (Ir.Syamsul Bahri, M.M)   menyampaikan untuk vaksinasi tahap kedua sampai saat ini berjalan lancar dan tidak terlalu rumit seperti vaksinasi tahap petama, karena pola nya sama dan kita suda punya pengalaman mengelolah vaksinasi tahap pertama. Prokes kita tegakan kemudian tim vaksinator puskesmas dibawah coordinator dinas sosial juga sangat antosias sehingga semuanya berjalan lancar.

Pelayanan kami setiap hari jumlah 3 puskesmas selam 3 hari dengan melibatkan tenaga kesehatan kurang lebih 50 orang. Untuk jumlah dosis kita mendapatkan 5 ribu dosis saat ini dan jika pada pelaksanaan nanti tidak mencapai jumlah yang ditargetkan, kami megembalikan kepada pemerintah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Kupang (Rudi Priyono.,M.Kes) dalam sambutannya mengapresiasi, dan menyampaikan terima kasih kepada kegiatan vaksinasi lintas agama yang dilakukan oleh kampus Universitas Muhammadiyah Kupang.

“Covid-19 ini suda berjalan hampir 2 tahun, tetapi kita masih belum mampu untuk menghilangkan  virus ini dari muka bumi terutama di kota kupang, supaya virus ini kita kendalikan maka  sala satu kegiatan yang kita lakukan adalah mengalokasir keberadaan virus ini’Ungkap Sekretaris Dinas Sosial Kota Kupang.

Ia melanjutkan, yang kita harapkan nanti kalau vaksinasi ini bisa mengcapai diatas 70% bahkan kalau bisa 100%, dengan demikian virus ini tidak bisa nempel disapapun karena masing masing orang suda memiliki antibodi atau kekebalan terhadap virus ini. oleh karena itu vaksinasi ini merupakan sala satu upayah  dalam rangka untuk menekan peredaran atau perkembangan penyakit ini di Kupang.

“Perlu diketahui bahwa virus ini belum kami atasi secara maksimal karena dari 45 kelurahan baru 4 kelurahan yang hijau, masi sekita 16 atau 17 merah dan sisanya orens dan kuning. Alhamdulillah kelurahan- kelurahan mulai berubah zonah/warnah dan kemarin berdasarkan evaluasi nasional kota kupang mulai diatas 60% untuk dosis satu, sehingga penting nya vaksinasi ini kita harapkan virus tidak bisa berkembang lebih jauh karena masing- masing suda memiliki antibodi. Jelas Rudi Priyono.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang (Dr. Jainur Wula,S.Pd, M.Si) membuka kegiatan vaksinasi lintas agama tahap kedua. Kami merasa bersyukur bahwa pemerintah pusat Kemenkes RI memberikan kepercayaan kepada Universitas Muhammadiyah Kupang untuk melakukan vaksinasi dari 3 ribu dosis vaksis pertama dan meningkat pada jumlah dosis 5 ribu pada vaksin kedua.

Selai itu dengan semangat Rektor Univ. Muhammadiyah kupang mengajak para panitia untuk jangan main- main dengan kepercayaan yang begitu besar dan muliah yang diberikan oleh negara kepada kita. tujuannya agar kita dapat membantu memerdekakan orang- orang dari  belenggu pandemic covud-19 yang sangat mematikan dalam sejarah perdaban umat manusia dengan tidak membedakan suku, ras agama ataupun golongan apapun itu.

“Meskipun didalam ruangan ini suda divaksin jangan terlengah, gunakan protocol kesehatan secara ketat, dan tidak perlu takut dengan para medis, ataupun keamanan, karena yang perlu kita takuti adalah kebutuhan hidup dan berita hoax yang membahayakan; ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang.

“Mari kita mendukung semua program pemerintah untuk menuntaskan wabah pademi covid-19 yang suda berlangsung  hampir 2 tahun ini, agar semua aktivitas baik ekonomi, sosial budaya, keagamaan dan pendidikan dapat berjalan dengan lancar; ajakan Dr. Jainur Wula kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada MCCC PP Muhamadiyah dan  Dinas Kesehatan Kota Kupang yang sangat aktiv membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi ini secara maksimal dan kepada masyarakat kota Kupang yang mempercayai kami sebagai penyelenggara Vaksinasi ini dengan baik; tutup Rektor UMK. (FD)

Tonton liputan selengkapnya kami lampirkan link dibawah..!