Notification

×

SMK Muhammadiyah Kupang Gelar Pembekalan Siswa PKL Selama 3 Hari

Jumat, 02 September 2022 | September 02, 2022 WIB

smk_muhammadiyah_kupang
Pose Bersama Guru dan Siswa Usai Pembekalan PKL di Aula SMK Muhammadiyah Kupang, 30/08/2022

MATALINENEWS.COM | KUPANG– SMK Muhammadiyah Kupang gelar pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik kelas XII sebanyak 52 orang di Aula SMK Muhammadiyah Kupang. Rabu, 31/08/2022 yang lalu.

Kegiatan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 31 Agustus  – 02 September 2022.


Kepala SMK Muhammadiyah Kupang (Usman Sakan, S.Ag., M.Ag) menyampaikan bahwa secara umum tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah : 

1. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) untuk menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja

 2. Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja menghadapi tuntutan pasar kerja global

 3. Memenuhi hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah  agar mencapai    kebutuhan standar kompetensi lulusan

 4. Mengaktualisasikan penyelenggaraan PKL antara SMK dan Institusi Pasangan (DUDI), memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di SMK dan program latihan di dunia kerja (DUDI). 


Sedangkan untuk siswa, tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah 


1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional


2. Mengasah keterampilan yang di berikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)


3. Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri


4. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri


5. Mengenalkan siswa-siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat


6. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan


7. Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini, dan


8. Memberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa-siswi itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat di dunia usaha/industri.


“Di sisi yang lain, Praktek Kerja Lapangan (PKL) memberikan manfaat bagi sekolah diantaranya, menjalankan kewajiban undang undang, meningkatkan citra sekolah, meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat, meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat dan memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi Dunia usaha dan industri. 


"Sedangkan mafaat bagi Dunia Usaha Dunia Industri Dunia Kerja (DUDIKA) lebih dikenal oleh masyarakat sekolah sehingga  dapat membantu promosi produk, DUDIKA  dapat mengembangkan proses dan atau produk  melalui optimalisasi peserta PKL dan mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya,” tambahnya.


Dirinya nya juga berharap agar dari praktek kerja lapangan ini tentunya profil lulusan yang diharapkan berdasarkan amanat Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 yaitu, beriman, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur, memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan, memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik  untuk bekerja  pada pihak lain atau berwirausaha dan berkontribusi dalam pembangunan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global. 


"Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 5 September sampai dengan 5 Nopember 2022, dengan teknis pelaksanaannya adalah penempatan siswa di Kantor yang relevan" tutup Usman Sakan.


(***/Red)