Notification

×

Kaya Tene Grup Resmi Luncurkan Taman Baca Desa Wowong

Selasa, 10 Januari 2023 | Januari 10, 2023 WIB

taman_baca_desa_wowong
Foto: Kaya Tene Grup Resmi Luncurkan Taman Baca Desa Wowong (Dok. Syam)
LEMBATA MN -- Kegiatan sosial melalui lembaga masyarakat, baik organisasi LSM, komunitas maupun yayasan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tidak hanya pada sandang pangan dan papan namun yang tak kalah penting adalah pemberdayaan masyarakat di bidang sumberdaya manusianya. 


Kaya Tene Grup (KTG) bersama Pemerintah desa Wowong telah resmi meluncurkan sebuah wahana pendidikan yang ramah anak melalui taman baca desa Wowong pada, Senin/09/01/2023 kemarin.

Kegiatan ini juga turut dihadiri camat Omesuri, kepala desa Se Omesuri, komunitas, Karang Taruna Se Kecamatan Omesuri, Tokoh Masyarakat desa Wowong, dan calon peserta didik Taman Baca Desa Wowong.

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolik alat tulis dan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran oleh Founder Kaya Tene Grup kepada calon peserta didik Taman baca desa Wowong.

Dalam sambutan, Kepala Desa Wowong Jubir Latif Leki menyampaikan bahwa  Pemerintah desa Wowong bersama KTG bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Kupang. Pada prinsipnya memiliki misi yang sama dalam memberantas buta aksara dan berupaya meningkatkan minat baca kepada peserta didik terkhusus anak- anak di desa Wowong.


Jubir juga menjelaskan bahwa Pemerintah desa Wowong sangat terbuka kepada siapa pun atau lembaga apapun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Wowong.


"Sebagai kepala desa Wowong saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang sudah terbangun sampai hari ini." ujarnya.


Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan acara peluncuran taman baca desa Wowong hari ini.


Selain itu, kesempatan yang sama camat Omesuri Ade Hasan Yusuf menyampaikan bahwa dengan adanya taman baca desa Wowong dapat meningkatkan minat baca anak muda desa Wowong sehingga kedepanya menjadi generasi unggul yang diharapkan oleh masyarakat wowong.


Dengan adanya taman baca, sambung dia, dapat membentuk moralitas dan intelektualitas sehingga muncul dikemudian hari generasi Rabbani yang mampu memberi perubahan ke arah yang lebih baik.


"Sebagai pemerintah kami sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan Kaya Tene Grup yang dipunggawai oleh anak muda Uyelewun, semoga kegiatan semacam ini terus membumi dan menjamur ke berbagai ruang kehidupan masyarakat." pungkas Hasan.


Founder Kaya Tene Grup (Matt Stev Leutuan) juga menyampaikan bahwa awal dari kegiatan taman baca ini berangkat dari latar belakang masyarakat kita yang masih kurang terbelakang dalam hal pendidikan. Saya bersama tim sempat melakukan survey dibeberapa desa di kecamatan Omesuri dan Buyasuri pada akhirnya kami memutuskan desa Wowong sebagai desa binaan Kaya Tene dengan menghadirkan taman baca seperti yang kita saksikan bersama hari ini.


Secara operasional dan management, sambung Matt, kami bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Kupang, dan sejauh ini untuk pembiayaan operasional masih menjadi tangung jawab Kaya Tene Grup.


"Semoga kedepanya semakin banyak komunitas yang bisa bekerja sama dan punya perhatian yang sama agar generasi muda ke depan menjadi generasi yang unggul di masyarakat baik intelektualitas, spiritualitas maupun humanitasnya." pungkas Matt Stev. (Syam)