Notification

×

Mendukung Gerakan KKB OPM, Organisasi Garuda Kupang Mengeluarkan 5 Sikap ini Kepada AMP di Kota Kupang

Minggu, 29 Januari 2023 | Januari 29, 2023 WIB

garuda_kupang
KUPANG,MN -- Adanya temuan yang di peroleh berupa narasi-narasi propaganda dan provokasi isu-isu terkait persoalan di tanah Papua melalui media sosial serta aksi-aksi yang dilakukan di wilayah Kota Kupang, yang menurut GarudaKupang sangat mengganggu keutuhan NKRI sebagai satu kesatuan wilayah negara. Organisasi Masyarakat (Ormas) Garuda Kupang NTT kembali menyampaikan pernaytaan sikap kepada media pers di Kota Kupang.

Rilis media ini disampaikan langsung oleh Ketua GarudaKupang NTT Mex M. Sinlae Pada Sabtu (28/1/2023) kemarin.

GarudaKupang NTT merupakan organisasi kemasyarakatan yang didirikan secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Lebih lanjut, sejalan dengan perintah Udang-undang Nomor 17 Tahun 2013, Garuda Kupang NTT menjadi wadah dalam menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat, berperan dalam keberdayaan masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai aksi nyata, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong, tolerasi dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjaga, memelihara, memperkuat keutuhan dan persatuan bangsa atau yang kami sebut sebagai jiwa bela negara.

Atas hal tersebut maka kami menjalankan roda organisasi, terkhusus membina kesadaran hidup berdampingan secara damai, merawat toleransi dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

Garuda Kupang NTT memiliki tanggung jawab moril atas persoalan kebangsaan, menegakkan Pancasila sebagai ideology bangsa yang final dan akan turut ambil bagian berbela negara ketika ada upaya individu dan kelompok yang merongrong keutuhan bangsa, apalagi melakukan aktivitas propaganda, provokasi, dan aksi-aksi lainnya yang mendukung dan sejalan dengan gerakan separatism.

Dalam hal ini, Garuda Kupang NTT yang berada di wilayah Kota Kupang Provinsi NTT menemukan keberadaan kelompok masyarakat, yaitu Organisasi AliansiMahasiswaPapua (AMP) Kota Kupang serta individu dan beberapa kelompok organisasi lainnya yang melakukan aktivitas yang disinyalir mendukung gerakan separatisme Kelompok Kriminal Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (KKBOPM).

Adapun temuan yang kami dapatkan berupa narasi-narasi propaganda dan provokasi isu-isu terkait persoalan di tanah Papua melalui media sosial serta aksi-aksi yang dilakukan di wilayah Kota Kupang, yang menurut kami hal tersebut sangat mengganggu keutuhan NKRI sebagai satu kesatuan wilayah negara.

Selain organisasi AMP, terdapat kelompok organisasi dan individu masyarakat NTT seperti Yosep Suban Kelen dan beberapa aktivis lainnya yang intens bergabung bersama AMP menyuarakan dukungan lepasnya Papua dari negara Indonesia.

Secara tegas kami menolak segala macam aktivitas oknum dan kelompok yang melakukan upaya tindakan yang merongrong, mengganggu, dan merusak persatuan-dan kesatuan negara Indonesia, terkhusus di wilayah Kota Kupang Provinsi NTT.

Bagi kami, adalah benar ruang demokrasi untuk berserikat, berorganisasi dan berkumpul merupakan hak setiap warga negara. Akan tetapi, pada saat yang sama warga negara mempunyai kewajiban untuk tetap menegakkan pilar-pilar bangsa, seperti Pancasila sebagai ideologi bangsa, UUD 1945, NKRI Harga Mati, dan Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, setiap warga negara secara merdeka menjalankan haknya, tetapi juga harus dipastikan kewajibannya untuk taat terhadap konstitusi tidak dilanggar.

Oleh karena itu, atas penjelasan kami diatas, maka kami GarudaKupang NTT menyatakan:

1. Menolak segala macam aktivitas oknum dan kelompok yang melakukan propaganda, provokasi, dan tindakan-tindakan yang merongrong, mengganggu, serta merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Dalam hal ini, secara khusus kami menolak keberadaan organisasi AliansiMahasiswaPapua (AMP) di Kota Kupang, yang disinyalir selalu mendukung gerakan separatis lepasnya Papua dari wilayah NKRI, sebagaimana dilakukan KKBOPM dan kelompok sejenisnya.

3. Kami juga mengimbau kepada individu atau kelompok organisasi masyarakat di provinsi NTT yang diduga terafiliasi dengan AMP seperti aktivis atas nama Yosep Suban Kelen dan beberapa aktivis lainnya yang eksis bergabung bersama AMP, agar tidak ikut mendukung atau turut serta menyuarakan isu tentang separatisme Papua di media sosial, media mainstream lainnya serta melakukan aksi-aksi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Apabila masih kami temukan aktivitas organisasi AMP dan individu atau kelompok sejenis tersebut, maka kami GarudaKupang NTT akan melakukan tindakan sesuai misi Garuda Kupang NTT, yakni turut serta menjaga dan merawat keutuhan NKRI.

5. Kami mengajak seluruh warga negara Indonesia terkhusus masyarakat Kota Kupang untuk merawat keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat, serta terus ber-bela negara menjaga keutuhan NKRI.

Satu Hati, Satu Sakit Semua Sakit SALAM GARUDA KUPANG NTT

Diketahu ketua GarudaKota Kupang  Mex M. Sinlae dan Sekretaris Adi Sari Lak

(Red/**)