Notification

×

AGPAII Menggelar Dua Kegiatan dalam Satu Hari di Kabupaten Lembata

Kamis, 16 Februari 2023 | Februari 16, 2023 WIB

agpaii_lembata
LEMBATA, MN -- Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Agama Islam  Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Lembata sesuai schedule menggelar dua kegiatan dalam satu waktu yakni, Pengimputan data Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA), Education Information  Management System (EMIS) serta sosialisasi penilaian kelulusan mata pelajaran PAI  Tk. Dasar dan menengah se Kabupaten Lembata. 


Dua kegiatan tersebut di hadiri oleh Pengawas PAI pada Sekolah ( Moh. Rifai Aprianus Mukin, S. Ag), Ketua DPD AGPAII Kabupaten Lembata ( Abdul Hadi, S. Ag), Kepala MIN I Lembata ( Hatman Pa'mudin, S. PdI) dan Operator/ admin Emis dan Siaga Seksi Pendidikan Islam ( Adnan Abdullah) 


Dasar sosialisasi penilaian kelulusan mata pelajaran PAI, tingkat dasar dan menengah atas rujukan hukum Permendikbudristek  no. 21 tahun 2022, dan surat keputusan Dirjen Pendis  no. 604 tahun 2023 rumusan standar kompetensi lulusan yang tercantum dalam Permen Dikbudristek  no. 5 tahun 2022 tentang standar kompetensi lulusan, mengisyatakan  bahwa tujuan mapel PAI dan budi pekerti di arahkan tidak sekedar untuk menjadikan peserta didik memahami tentang ajaran agama Islam, namun yang lebih penting adalah menjadikan peserta didik memiliki sikap dan ketrampilan beragama yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari dalam kontek kehidupan beragama bernasyarakt berbangsa dan bernegara. 


Acara pembukaan ini dipandu langsung oleh pengacara Latisa Lingi, S. Ag, gema kalam Ilahi oleh Ibrahim Jamin, S. Pdi, serta pembacaan doa oleh H. Muslakim Abdul Rauf, S. PdI. Acara berlangsung pada aula MIN 1 Lembata, Rabu, 15/02/2023 pagi hari hingga pukul 17.00 waktu setempat. 


Abdul Hadi, S. Ag Ketua DPD AGPAII Lembata dalam sambutannya menjelaskan jumlah GPAI di sini yang terdata adalah 101 guru yang menyebar di berbagai sekolah di Lembata. Hal ini menjadi penting dan tanggungjawab secara mandiri dalam penginputan. Sehingga kepada kita sekalian untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik  harap Hadi. 


Sekapur sirih oleh Kepala MIN 1 Lembata Hatman Pa' mudin, S. Pdi, menyampaikan bahwa di hari ini kami mendapat hadiah anugerah yang luar biasa. Atas kehadiran disini agar kita bisa melihat secara dekat tentang kehidupan di Leu Auq, kami ucapkan selamat datang dan mohon maaf bila dalam kegiatan ada terbesit hal hal yang tidak berkenan tutup Hatman. 


Sambutan Kasie Pendis sekaligus membuka kegiatan dalam hal ini di wakilkan pengawas PAI pada sekolah Moh. Rifai Aprianus Mukin, S. Ag, beliau menegaskan bahwa Siaga dan Emis hulumnya fardhu bagi GPAI, apabila ada kendala dalam penginputan data, maka kita saling komunikasi/share lewat media dalam group sahabat GPAI,karena data ini menjadi kewenangan pribadi dalam penginputan data, karena berkaitan dengan tunjangan PPG bagi yang belum sertifikasi. Ucapan Terima kasih kepada tuan rumah atas kesediaan fasilitas, dan mohon maaf bila atas sikap dan kata yang kurang berkenan. Dengan mengucapakan Basmalah atas nama Kepala Seksi kegiatan ini saya buka dengan resmi tutup Rifai. 


Pada kesempatan terakhir adalah, penyampaian terkait dengan kisi kisi dan penulisan soal ujian berbagai tingkat yang di kawal langsung oleh ketua AGPAII Lembata. Kegiatan ini di bagi dalam dua zona, satunya adalah zona 1 Lembata meliputi wilayah Omesuri dan Buyasuri, zana 2 adalah Lebatukan, Nubatukan, Ile Ape, Nagawutung dan Wulandoni. Yang masing masing menyusun yang akan di revisi oleh pengawas. Jadwal dan pembagiannya akan menyusul akan disampaikan di Group.


 (Sudarjo)