Notification

×

AMAS NTT Dukungan Pembangunan Geotermal di Manggarai Barat Demi Perbaikan Ekonomi Nusa Tenggara Timur

Sabtu, 11 Maret 2023 | Maret 11, 2023 WIB

amas_ntt
AMAS-NTT melakukan aksi damai sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan Geothermal di Manggarai Barat (Dok. Dedi)

MATALINENEWS.COM
–  Kelompok masyarakat yang mengatas namakan Aliansi Masyarakat Nusa Tenggara Timur (AMAS-NTT) melakukan aksi damai di seputaran Bundaran Patung Kirab Kota Kupang pada Jumat 10/03/2023.


Aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan Geothermal di Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.


Koordinator Masa Aksi Zinedine Zidane menyampaikan bahwa aksi damai ini merupakan suara dari mayoritas generasi muda Nusa Tenggara Timur yang sepakat dan menganggap bahwa pembangunan geothermal sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur secara keseluruhan.


“saat ini terdapat beberapa isu terkait pembangunan geothermal yang tengah dilakukan di Manggarai Barat, namun telepas dari semua isu yang beredar itu kami yang tergabung dalam aliansi ini telah melakukan kajian dan sepakat bahwa pembangunan geothermal penting serta memang perlu dilakukan. Kita perlu kesadaran untuk tidak lagi tergantung pada bahan bakar fosil sebagai sumber energy dalam setiap lini kehidupan masyarakat, oleh karena itu sumber energy terbarukan perlu dikembangkan”, tutur Zidan.


“Dalam pengembangan enrergi terbarukan, Indonesia memiliki potensi terbesar dalam pengembangan energy geothermal, hal ini mengingat bahwa Indonesia berada dalam wilayah tumbukan lempeng tektonik dan garis khatulistiwa”, tutupnya.


Burhan Ansari, salah satu masa aksi juga menyampaikan bahwa pembangunan geothermal merupakan salah satu solusi dan memiliki manfaat yang luar biasa nantinya.


“Indonesia memang memiliki cadangan energi fosil seperti minyak, gas dan batu bara. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kita juga memiliki cadang energi nonfosil seperti energi geotermal, air, angin, dan matahari yang lebih melimpah dengan potensi yang luarbiasa. Penggunaan energi fosil sangat berdampak negative terhadap lingkungan dan cadangannya juga kian hari makin menipis. Maka ketergantungan terhadap energi fosil harus dikurangi dan diganti dengan energi terbarukan yang memiliki cadangan sangan melimpah, salah satunya geothermal” tutur Burhan. 


“Dengan melihat potensi berbagai energy terbarukan terutama geothermal yang ada di Nusa Tenggara Timur kita tentunya perlu memanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat dan masa depan generasi selanjutnya. Selain itu pemanfaatan energy geothermal secara tidak langsung juga memiliki dampak yang sangan baik terhadap pengembangan infrastruktur dan ekonomi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Hal ini disebabkan dengan adanya pembangunan geothermal yang secara keseluruhan berada di daerah-daerah, maka perlu adanya pengembanagn infrastruktur Dengan demikian ekonomi di daerah tersebut juga akan ikut berkembang”, ujar anggota aliansi tersebut.


“Pembangun geothermal yang saat ini tengah dilakukan di Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur sangat penting untuk didukung oleh berbagai pihak dari setiap lini masyarakat terutama generasi muda yang tentunya akan merasakan segala dampak positif dari pemanfaatan energy terbarukan ini nantinya. Ia juga menambahkan bahwa kerja-kerja positif pemerintah mestinya kita dukung, apalagi sebagai masyarakat Nusa Tenggara Timur perlu kita dorong dengan rasa kebersamaan”, tutupnya.


Dalam aksi damai tersebut, Aliansi Masyarakat Nusa Tenggara Timur (AMAS-NTT) menyampaikan dukungan penuh terhadap pembangunan geothermal di Manggarai Barat demi pengembangan ekonomi di Nusa Tenggara Timur, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung segala bentuk kegiatan dan kebijakan pemerintah yang dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan ekonomi, infrastruktur dan pengelolaan sumber daya  yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi inklusif berkeadilan serta siap berada digarda terdepan dalam mengawal jikalau terdapat kelompok yang meghalangi demi masa depan Nusa Tenggara Timur.


(**/Dedy)