Notification

×

Menjemput Bulan Ramadhan AGPAII Lembata Menyelenggarakan Beberapa Kegiatan

Selasa, 21 Maret 2023 | Maret 21, 2023 WIB

agpaii_lembata

LEMBATA, MATALINENEWS.COM
-- Kegiatan yang di inisiatif oleh para Guru Pendidikan Agama Islam se Kabupaten Lembata tersebut, mendapat respon positif bagi masyarakat luas, karena kegiatan tersebut  memperkenalkan sekolah umum yang memiliki Guru serta siswa Muslim pada sekolah tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, 20/03/2023 dengan rute star dari SMPN 5 Omesuri hingga finish di Masjid Mutiara Leubatang. Acara yang terbilang mendadak tersebut namun memiliki daya tarik tersendiri, karena dalam rute jalanan tersebut, selain orasi dan shalawat para peserta namun juga di iringi dengan musik lokal berupa Gong Gendang yang di mainkan oleh sebagian besar siswa SDN Leuwalang Omesuri.

Dalam perjalanan cukup membludak penonton di bibir jalan, karena ingin menyaksikan langsung pawai menjemput ramadhan, namun juga pada mainan alat musik yang menggema pada tiap kuping yang mendengar.

Acara di lepas secara resmi oleh Pengawas PAI pada Sekolah Moh. Rifai Aprianus Mukin, S. Ag, dalam sambutan singkat Rifai Ia cukup bangga dan memberi suport besar kepada panitia, karena walaupun sederhana kegiatannya, namun sukses di jalankan tegas Rifai. Selain itu harapan besarnya, semoga kegiatan ini menjadi rutinitas GPAI dalam mensyiarkan Islam sekaligus melatih mental dan karakter peserta didik tutupnya.

Acara pawai dengan Tema Gebyar Ramadhan, Ahlan Wasahlan tersebut di hadiri oleh siswa siswi setiap sekolah seperti SMPN Pada Kecamatan Nubatukan, SMPN 5 Omesuri, SMPN 3 Omesuri, dan SMPN 2 Omesuri, begitupula pada siswa SD Seperti SDI Lebe dan Weilolon, SDI Walangsawa, Aramengi, Kaohua, dan SDN Leuwalang, beserta masing masing guru pendamping.

Acara berakhir di Masjid Mutiara Leubatang di jemput oleh para badan syara, pengurus masjid dan Remaja, dalam ruangan masjid tersebut. Sebelum tabligh akbar di mulai di dahulu dengan praktek Tayamum secara masal sekaligus Sholat Ashar Berjamaah. Tabligh akbar di bawakan oleh saudara Ahmad Heban, S. PdI ( Guru PAI SMA 2 Lembata), dengan menitik beratkan pada cara berpuasa serta karakter yang baik bagi siswa kepada orang tua dan lingkungan sekitarnya. Acara di pandu oleh Saudara Syukur Sani Usman, S. PdI ( Guru PAI SMPN Pada), kemudian sebagai tilawah oleh Muhamad Kasir, S. Par ( anggota Remas Mutiara). Acara berjalan baik tanpa aral apapun, apalagi acara diisi tauziah oleh salah satu siswa putri dari SMPN Pada yang berapi api, menggugah jamaah untuk aktif mendengar dan bangga atas suguhan ilmu tersebut.

Di sela sela kegiatan Hasan Abdullah ummat Mutiara menyampaikan kepada awak media, bahwa kegiatan yang cukup menyita perhatian publik ini, semoga terus berjalan untuk memajukan pendidikan di Lembata, sambung Hasan bahwa dalam perjalanan semua orang keluar dari pasar karena mendengar bunyi gong gendang, serta shalawat dan orasi tersebut, kita merasa bangga dan semoga hal tersebut berjalan terus setiap tahun Tutup Hasan.

Acara berakhir dan para guru semua berkumpul di rumah ketua panitia Jalil Boli, S. Pd, dalam diskusi jalil menyampaikan proficiat kepada para guru yang sudah jauh datang dari lewoleba dan Ileape, semoga ini dapat memberi dampak motifasi kepada yang lain tutup Jalil. Hal yang sama di ungkapkan oleh ketua AGPAII Lembata Abdul Hadi, S. Ag, ia berterimakasih kepada panitia atas keberhasilan kegiatan ini, semoga saja, segala jeripayah kita dapat menjadi ladang amal untuk kita semua tutup Hadi.

(Sudarjo/Red)