Notification

×

Gelar Pesantren Ramadhan, Remas Berkat Illahi Leuwutung Dapat Apresiasi dari Banyak Pihak

Selasa, 04 April 2023 | April 04, 2023 WIB

remas_berkat_ilahi_leuwutung
Foto. Remas Berkat Illahi Leuwutung dan Peserta Pesantren Ramadhan (MatalineNews/ Syamsul)

Matalinenews.com- Upaya untuk menghidup suasana Ramadhan sebagai bulan tarbiyah, Remaja Masjid (Remas) Berkat Illahi Leuwutung selenggarakan kegiatan pesantren ramadhan jilid II 1444 H.


Kegiatan pesantren ramadhan bertajuk "Ramadhan sebagai perekat ukhuwah islamiah, membangun Pilar Peradaban Generasi Bangsa" laksanakan di Desa Umaleu Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata, pada Senin/03/04/2023


Hadir dalam acara Remas di dua kecamatan yakni Buyasuri dan Omesuri, selain itu peserta dalam kegiatan adalah pelajar dari Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.  


Kegiatan yang mendapatkan apresiasi dari tokoh umat dan masyarakat ini dikemas selama tiga hari yakni hari Jumat- Senin 31 Maret sampai 3 April 2023.


Ketua Panitia Ardi Safrudin dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan jilid 2 tahun ini merupakan bentuk kesadaran yang muncul atas keprihatinan atas problematika generasi bangsa dan generasi muslim khususnya yang sudah mulai jauh dari nilai-nilai keIslaman dan nilai luhur keIndonesiaan yang Rahmatalilalamin.


"Kegiatan ini sengaja di kemas dengan sistem pesantren namun tidak meninggalkan wacana generasi muda yang relevan dengan isu-isu kekinian."jelas Ardi


Kepala Desa Umaleu (Bahrun Amin) dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Remaja Masjid Al-Markaz yang sudah merancang sebuah kegiatan yang sangat bagus dan sangat berdampak positif.


Sebagai pemerintah, Bahrun menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada remaja yang sudah menginisiasi dan melaksanakan kegiatan Pasantren Ramadhan.


"Kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan oleh remaja masjid dan mungkin baru kali ini dilakukan oleh remaja masjid Al-Markas Berkat Illahi leuwutung."ujarnya


Oleh karena itu, lanjut Bahrun,  kami selaku pemerintah Desa selalu membuka ruang bagi Remas agar kedepan terus berkordinasi dan sama -sama merancang kegiatan ini dari awal hingga akhir. 


"Kegiatan seperti ini harus ditularkan kepada generasi selanjutnya sehingga proses kaderisasi dan regenerasi bisa terus ada dan tumbuh di setiap tahunnya."pungkasnya


Kepala MAN Lembata (Abdul Malik) dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan yang di lakukan oleh remaja Masjid Al- Markaz merupakan suatu ihktiar yang baik dan tentunya menjadi ajang silaturahim remaja masjid di dua kecamatan yakni Omesuri dan Buyasuri, sekaligus menjadi wadah dalam membina kepribadian generasi yang Soleh dan Solehah


Malik juga berpendapat bahwa model pendidikan semacam ini, layak mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik di lingkungan formal maupun non formal, untuk itu kesuksesan pendidikan sudah semestinya menjadi tangung jawab semua pihak baik guru, lembaga keagamaan dan orang tua sebagai Madrasah pertama bagi anak-anak di rumah.


"Semoga kedepan, kegiatan semacam ini terus di dukung dan dikawal penuh oleh Madrasah di wilayah Desa Umaleu dan Remas serta para Pemangku kepentingan di Desa, sehingga kegiatan semacam ini akan menjadi suatu tradisi dan menjadi model pendidikan yang menggembirakan serta menjadi contoh bagi Remas dan lembaga keagamaan yang lainnya." Kepala MAN Lembata (Abdul Malik)


(Syam)