Notification

×

Desa Munaseli Menyerahkan BLT Kepada 29 KK

Sabtu, 24 Juni 2023 | Juni 24, 2023 WIB

desa_munaseli
Foto: Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kepada Masyarakat Desa Munaseli

MATALINENEWS.COM, ALOR -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai amanat pemerintah disalurkan untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.


Untuk menjawab instruksi Presiden dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang ada, Kepala Desa Munaseli (Rahmat Ali Kari) didampingi Camat Pantar (Arianus Waang, SH) dan Juga Kapolsek Pantar lakukan penyaluran BLT Miskin Ekstrem tahap satu kepada 29 Kepala Keluarga (KK) pada hari ini, Kamis (22/06)


Kepala desa Munaseli (Rahmat Ali Kari) dalam sambutan menyampaikan bahwa penyaluran BLT miskin Extrem bagi 29 KK penerima manfaat adalah masuk dalam Kategori miskin extrem, diantaranya ada KPM yang usianya melebihi 1 abad yakni Ibu Rasyida Husain.


Namun dalam perjalanan 'Sambung Rahmat'  ada 5 orang KK yang haknya tidak dapat disalurkan, karena mengingat Peraturan Desa (Perdes) tentang penetapan KPM BLT Miskin No. 01 Tahun 2023 tentang perencanaan sampai dengan penetapan Apbdes Tahun 2023, bahwa apabila dalam penetapan tersebut ada KPM BLT yang namanya terdapat dalam Daftar Penerima BNBA Bansos, PKH, BPNT atau Bantuan lain berupa uang atau sembako, maka KPM tersebut haknya tidak bisa di salurkan ke penerima BLT Miskin tersebut, dan uangnya akan di kembalikan ke Negara sebesar Rp. 4.500.000.


"Hal ini sudah di lengkapi dengan Perdes Apbdes Tahun 2023 yang di lengkapi juga dengan berita acara, daftar hadir, dokumentasi dan dokument Pendukung lainya."Pungkas Rahmat


Selain itu  Arianus Waang juga menyampaikan bahwa, pemerintah desa menyalurkan bantuan seperti ini diharapkan mampu membantu perekonomian dalam kebutuhan rumah tangga.


Arianus juga menegaskan, adanya bantuan pemerintah seperti ini, diharapkan bapak ibu bisa pergunakan sebaik mungkin dalam kebutuhan rumah tangga.  Dan bapak Ibu juga jangan malas bekerja karena mengharapkan ada bantuan seperti ini.


"Mentang- mentang sudah dapat bantuan jadi tidak bekerja. Ini pemahaman yang salah." Ujar Arianus Waang dalam sambutannya.


Kegiatan penyaluran BLT di lengkapi juga dengan dokument pendukung berupa Berita Acara Penyaluran BLT Miskin Extrem Tahun 2023, yang di tandatangani oleh kepala Desa dan  bendahara Munaseli dan diketahui oleh Camat Pantar (Arianus Waang. SH).


(Wildan/Red)