Notification

×

DPP IMM tegaskan gugatan Panji Gumilang terhadap Buya Anwar hanya pengalihan isu dan pongah

Rabu, 12 Juli 2023 | Juli 12, 2023 WIB

dpp_imm_panji_gumilang
Istimewah

MATALINENEWS, JAKARTA
-- Polemik persoalan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang, Menjadi sorotan yang cukup serius dari kalangan ulama', tak lepas seperti yang disoroti oleh Buya Anwar Abbas selaku Wakil Ketua Umum MUI dan juga Ketua PP Muhammadiyah.


Buntut dari polemik tersebut Panji Gumilang yang sedang menjalani proses hukum di Mabes Polri saat ini masih belum ditetapkan menjadi tersangka, dalam kasus pencemaran dan penistaan agama yang dilakukan oleh Panji Gumilang. Tidak berhati di situ kasus Panji Gumilang semakin melebar atas dugaan menjadi pimpinan NII KW9.


Seakan kepongahan Panji Gumilang ini tidak berhenti di situ, dengan cara melaporkan Buya Anwar Abbas, dengan tudinga pencemaran nama baik.


Abdu Musawir Yahya selaku Ketua Umum DPP IMM menilai bahwa apa yang dilakukan Buya Anwar Abbas ini sudah tepat, karena semata mata untuk menyelamatkan Ummat Islam Indonesia dari pengaruh ajaran menyimpang dan terkesan sesat dari kepakeman dan keyakinan Islam. Sehingga apa yang disoroti Buya Anwar terkait ucapan viral oleh Panji Gumilang terkait ucapan "Saya Komunis" yang dikatakan nya itu menjadi penilaian buya Anwar. " 


Abdul menilai hal tersebut semata mata untuk meng-counter ucapan Panji Gumilang.


"Yang kedua DPP IMM Menilai hal itu patut kita waspadai sebagai pengalihan isu atas apa yang dihadapi oleh Panji Gumilang dalam menjalani proses hukum" terang aktivis yang sering disapa AMY tersebut.


Tidak lepas perhatian para pimpinan MUI seperti sikap yang diambil yaitu disampaikan oleh Masduki salah satu pengurus MUI “Terkait dengan tuntutan Bapak Panji Gumilang terhadap dr Anwar Abbas, pengurus MUI pusat, kami sebagai pengurus MUI menyatakan pertama ini adalah negara hukum, setiap orang punya hak menuntut, kami menyilahkan untuk menuntut,” ujarnya.


“Tapi setahu saya yang dilakukan oleh Bapak Anwar Abbas itu dalam konteks ingin klarifikasi, bukan untuk sebagaimana yang menjadi tuntutan Bapak Panji Gumilang.” Ungkap Masduki


Selanjutnya, tambah Masduki, Anwar Abbas sebagai seorang pejuang Islam berupaya untuk melindungi masyarakat dan kepentingan agama.


“Kedua, Pak Anwar Abbas dalam konteks ini beliau adalah pejuang Islam dan dalam konteks melindungi masyarakat untuk kepentingan Islam.”


Agar persoalan ini lekas selali, DPP IMM meminta Polri agar segera menangkap Panji Gumilang. Dikhawatirkan ke depan kelakuan Panji di Al Zaytun itu berakibat kegaduhan semakin meluas di tengah Masyarakat. Apalagi masyarakat akan memasuki tahun politik di mana isu agama berpotensi sebagai pemecah masyarakat.


(**/Tim)