Notification

×

Danrem 161/Wira Sakti Resmikan 12 Unit Pompa Hidram di Desa Sillu

Minggu, 27 Agustus 2023 | Agustus 27, 2023 WIB

danrem_161_wira_sakti_kupang
Foto: Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang,S.H.,M.M meresmikan Pompa 

MATALINENEWS, KABUPATEN KUPANG - Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang,S.H.,M.M meresmikan Pompa Hidram jje4 I sebanyak 3 unit, Pompa Hidram Taiti II sebanyak 3 unit  dan Pompa Hidram Taiti III sebanyak 6 unit Pompa Hidram untuk ketahanan pangan lahan jagung di Kampung Taiti-Letkase, Desa Sillu, Kec Fatuleu, Kab Kupang, Jum'at (25/8)

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H.,M.M di awal sambutannya menyampaikan maksud dan tujuannya melaksanakan kegiatan ini.


" Siang hari ini, saya datang untuk melihat apa yang telah dikerjakan sebelumnya, supaya ada kesinambungan. Hari ini bisa menambah satu titik pompa hidram lagi, yaitu Titik Pompa Hidram Taiti III, sebanyak enam unit pompa hidram, untuk membantu mengairi lahan jagung yang telah dibuka. Sebelumnya Titik Pompa Hidram Taiti I dan Titik Pompa Hidram Taiti II, masing masing titik tersebut sebanyak tiga unit pompa hidram. Kemudian, tadi kita juga telah sama sama menanam jagung, dan memanen jagung yang telah kita tanam sebelumnya," jelas Danrem 161/Wira Sakti


Lebih lanjut disampaikan keyakinan dan harapan Danrem 161/Wira Sakti kepada masyarakat Desa Sillu khususnya anggota kelompok tani Fetomone Taiti.


" Jadi kita bisa yakin, dengan adanya air, walaupun di musim kering, kita masih bisa menanam. Saya berharap kelompok tani yang ada disini, dengan adanya bantuan ini, bisa lebih maksimal bekerja. Air sudah sampai di lahan. Tinggal bagaimana masyarakat itu punya keinginan untuk lebih giat menanam jagung.Memang menanam di musim kering itu tantangannya lebih sulit, tetapi kan bukan tidak bisa. Terlebih lagi tadi kita sama sama panen bersama, bisa panen di musim kering seperti bulan Agustus ini," ungkap Danrem 161/Wira Sakti


Dalam kesempatan tersebut, karena air sudah sampai di lahan, Danrem 161/Wira Sakti menanyakan langsung kepada masyarakat khususnya kelompok tani tentang kesanggupan untuk bekerja lebih giat lagi, 


"Bukan apa apa, jika kita kerja lebih giat dan lebih keras untuk menanam jagung ini, supaya apa yang telah kita rintis dan lakukan bersama selama ini, ada manfaatnya dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat. Jika sudah dibantu ada air, agar masyarakat bekerja lebih maksimal, kan gitu ," tanya Danrem 161/Wira Sakti.


Masyarakat pun secara serentak menjawab dan menyampaikan kesanggupannya untuk bekerja lebih keras dan lebih giat lagi.


Sementara itu Ketua Kelompok Tani Fetomone Taiti Soleman Bani menyampaikan terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan.


"Terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti yang sudah bisa membantu kami dengan pompa hidram yang telah mengairi lahan jagung kami. Tempat ini sejak dari leluhur itu namanya bukit tengkorak, karena kering dan gersang, tetapi dengan kehadiran Korem 161/Wira Sakti, maka kami bisa merubah nama tempat ini. Namanya, Tuhan Menyediakan," ungkap Ketua Kelompok Tani Fetomone Taiti.


Diakhir sambutannya, ketua kelompok tani menyampaikan isi hatinya.


" Salah satu masalah yang kami hadapi selama ini yaitu kekurangan air, kini terjawab sudah. Air sudah sampai di lahan kami. Kami akan bekerja lebih keras lagi," pungkas Ketua Kelompok Tani Fetomane Taiti.


Pantauan Tim Penrem 161/Wira Sakti, setiba di lokasi Pompa Hidram, Danrem 161/Wira Sakti disambut dengan pengalungan kain tais oleh Ketua Kelompok Tani Fetomone Taiti, Peninjauan lokasi Pompa Hidram Taiti III dilanjutkan peresmian Pompa Hidram yang ditandai dengan pengguntingan pita dan Penyalaan Pompa Hidram oleh Danrem 161/Wira Sakti.


Lalu menuju ke lahan yang telah disiapkan untuk menanam jagung. Setelah itu, melaksanakan Panen Jagung bersama.


Setelah tiga rangkaian kegiatan diatas, dilanjutkan dengan acara peresmian Pompa Hidram, dengan urut urutan acara yaitu Pembukaan, Doa, Sambutan Ketua Kelompok Tani Fetomone Taiti, Sambutan Danrem 161/Wira Sakti dilanjutkan penandatanganan prasasti, Foto bersama, Penutup dan Ramah Tamah.


Hadir dalam kegiatan ini Kasrem 161/Wira Sakti, Kasiter Kasrem 161/Wira Sakti, Kadispotdirga Lanud El Tari Kupang, Kabid Propam Polda NTT, Yang mewakili Danlantamal VII Kupang, Kapolresta Kab Kupang, Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan sejumlah undangan lainnya.


(Tim/ Penrem)