Notification

×

Lautan Manusia Memadati Area Festival Uyelewun, Ini Harapan Camat Omesuri

Rabu, 16 Agustus 2023 | Agustus 16, 2023 WIB

festial_uyelewun_2023

MATALINENEWS, LEMBATA —
  Area Reklamasi desa Balauring kecamatan Omesuri Lembata NTT di padati oleh lautan manusia untuk menyaksikan Festival hari ini, Selasa 15/08/2023


Peserta karnaval setiap desa se- Uyelewun di libatkan, begitu pula beberapa instansi tak kalah absen untuk hadir mengambil bagian dalam dalam ajang pertunjukan.


Atraksi yang di tontonkan oleh peserta yang diiringi dengan dentuman drumband beberapa sekolah di Kedang sungguh menakjubkan, apalagi suguhan panorama alam Balauring berupa beberapa teluk cantik yang menjorok serta sundown yang memanjakan mata dengan silauan kuning mengitari horison raya. 


Promosi potensi wisata dan ekonomi kreatif melalui kegiatan rally wisata bahari pesona empat teluk dengan tema "Gelora Bahari Edang Lestari 1000 Tatong Satu Lembata". 


Dalam rundown acara festival digelar selama dua hari, dengan beberapa acara yakni hari pertama, pameran UMKM dan kuliner lokal, karnaval budaya dan parade laut, fashion show etnik dan pentas budaya Edang.


 Sedangkan hari kedua (16/08) dengan variasi kegiatan berupa pembersihan pantai dan penanaman mangrove, lomba renang anak anak dan dayung, serta pentas kolosal 1000 tatong satu Lembata. 


Pantauan awak media pada karnaval darat di lakukan dengan rute kantor camat Omesuri dan finis di area reklamasi, menariknya karnaval tersebut dengan suguhan  busana motif masing masing desa maupun daerah lain seperti suku Ambon, Timor dan Sabu dan lebih unik lagi dinas pertanian dan ketahanan pangan  kabupaten Lembata menghadirkan seekor kuda jantan lengkap jokinya bersama rombongan menuju simpul kagiatan festival.


Untuk prade laut titik star dari pantai desa Weilolong Omesuri menuju pelabuhan laut desa Balauring, beberapa armada turut beriring tak tertinggal tim polair, basarnas dan angkatan laut mengapiti rombongan Pj. Bupati Lembata, melewati beberapa teluk menuju tambat laut Balauring. 


Acara penjemputan Pj. Bupati Lembata bersama rombongan di lakukan di pintu masuk Reklamasi oleh sanggar budaya desa Leuwayan berupa tarian, suguhan tuak, siri pinang, serta pengalungan selendang yang disaksikan langsung oleh seluruh hadirin serta tamu istimewa yakni beberapa orang wisatawan asing di tempat tersebut. 


Pj Bupati Lembata bersama rombongan menuju tenda kegiatan untuk melihat lebih dekat produk lokal yang beraneka, sekaligus menyaksikan pergelaran fashion show motif orang Kedang yang telah di modifikasi yang cukup trendy saat ini. 


Kepada media matalinenews.com Camat Omesuri (Ade Hasan Yusuf, S.P) menyampaikan bahwa terkait dengan festifal Uyelewun di kecamatan Omesuri hari ini sangat luar biasa, momentum ini sengaja untuk mengangkat budaya kepermukaan untuk dapat di kenal, dan membumi agar lebih berkembang lagi.


Ia menjelaskan bahwa, dengan kehadiran sekian banyak orang memberikan bukti bahwa rasa kecintaan terhadap adat serta budaya, sehingga sampai hari ini masih terpelihara dan kukuh di tengah masyarakat.


"Saya berharap budaya serta wisata di Kedang serta panorama alam yang eksotik dapat meningkatkan kunjungan wisata asing, yang pada akhirnya semakin berkembang industri wisata, ekonomi kreatif  lebih bisa di gerakan di tengah masyarakat untuk menghadapi, dan menyambut  perkembangan dunia mode, serta perubahan zaman." Pungkas Camat Omesuri Ade Hasan Yusuf, S.P kepada media matalinenews.com (15/08).


(Darjo)