Notification

×

Menggali Potensi Budaya Lokal, SMK Negeri 6 Kupang Gelar P5 Depan Kantor Gubernur NTT

Senin, 04 Maret 2024 | Maret 04, 2024 WIB

p5_smk_negeri_6_kupang
Foto: Siswa dan Guru SMK Negeri 6 Kupang (Dok; Reno/matalinenews)

MATALINEWS, KUPANG
- Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar. 


Dalam kegiatan ini, guru SMK Negeri 6 Kupang menentukan tema P5 yaitu Pangan Lokal dengan topik yang diambil adalah makanan lokal sesuai dengan kesepakatan siswa dengan melihat daerah masing- masing.


Usai dari kegiatan masak makanan lokal, siswa SMK Negeri 6 Kupang dibimbing oleh guru untuk menjelaskan kepada publik maksud dan tujuan sampai dengan proses pembuatan makanan dari barang mentah sampai pada siap saji.


"Kegiatan P5 yang dilaksanakan pada hari ini didepan kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan lancar, sukses dan luar biasa, "ungkap koordinator P5 (Alfonsus Syahyan, SH) pada Sabtu, 02/03/2024.


Alfons menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, dapat menggali potensi budaya lokal yang ada di Nusa Tenggara Timur pada anak-anak agar dapat diwarisi dan mewariskan budaya kita berkaitan dengan pangan lokal yang ada.


"Kegiatan ini juga dalam rangka supaya sikap dan perilaku anak-anak itu sesuai dengan tata budaya kita", ujarnya


Menurutnya, dengan kegiatan ditempat umum ini agar supaya anak-anak bisa menggali lebih mendalam,mengeksplorasi diri agar dapat mengembangkan dirinya agar bisa berkomunikasi didepan umum sebagai wujud Tut Wuri Handayani bersama bapak Ibu guru.


"Saya berharap dengan kegiatan ini kita tingkatkan kebersamaan kita ,toleransi kita,  antar sesama guru dan siswa  dan juga di lingkungan sekitar terutama masyarakat NTT melalui P5," pungkas koordinator P5 (Alfonsus Syahyan, SH).