Notification

×

Remas Berkat Illahi Leuwutung Gelar Kegiatan Pesantren Kilat Jilid 3

Jumat, 05 April 2024 | April 05, 2024 WIB

pesantren_kilat_remas_berkat_illahi_leuwutung
Foto: Remas Berkat Illahi Leuwutung gelar kegiatan pesantren ramadhan jilid 3 1445 H

MATALINENEWS, LEMBATA
- Remaja Masjid (Remas) Berkat Illahi Leuwutung desa Umaleu kecamatan Buyasuri kabupaten Lembata sukses gelar kegiatan pesantren ramadhan jilid 3 1445 H pada hari, Kamis/04/04/2024.



Kegiatan pesantren ramadhan kali ini mengambil tema bertajuk "membangun generasi Islam yang progresif, inklusif dan berkemajuan menuju generasi emas.


Kepada media ini, ketua Panitia Asram Ibrahim menyampaikan bahwa, kegiatan Pesantren Ramadan jilid 3 yang didesain oleh panitia Ramadan tahun ini merupakan bentuk kesadaran yang hadir atas keprihatinan serta Dilema sosial di tengah arus modernisasi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Menurut Asram, krisis nilai di tengah masyarakat juga menjadi faktor penting mendorong lahirnya sebuah gerakan yang kami namakan sebagai Pesantren Ramadan remas Al Markas Leuwutung.

"Kegiatan ini sengaja dikemas dengan sistem Pesantren Modern di mana peserta tidak sekedar mendapatkan materi keagamaan tapi juga menambah pengetahuannya dengan materi umum yang sesuai dengan realitas tamannya," tutup Asram.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh remaja masjid di dua Kecamatan yakni Buyasuri dan Omasuri yang merupakan pelajar atau peserta didik yang menduduki bangku SMA dan Aliyah.

Dalam pantau Media, kegiatan yang dikemas selama 3 hari ini yakni hari Kamis tanggal 21 Maret sampai dengan hari Minggu 23 April berjalan dengan sukses dan mendapatkan apresiasi dari tokoh umat dan masyarakat.

Mewakili kepala desa Umaleu kepala dusun 3 Salim Ahmad dalam sambutan pembukaan kegiatan Pesantren Ramadan 1445 Hijriyah menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada remaja masjid Al- Markaz yang sudah merancang sebuah kegiatan sangat bagus dan sangat berdampak positif.

Kami selaku pemerintah tentunya memberikan apresiasi dan dukungan kepada adik-adik remaja masjid yang sudah inisiasi dalam melaksanakan kegiatan ini, menurut dia kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan oleh remaja masjid dan mungkin baru kali ini dilakukan oleh remaja Masjid Al Markaz Berkat Ilahi Leuwutung. Oleh karena itu kami selaku Pemerintah desa selalu membuka ruang bagi remaja masjid agar terus berkoordinasi dan sama-sama merancang kegiatan ini dari awal hingga akhir pada kesempatan yang akan datang.

"Kegiatan seperti ini harus ditularkan kepada generasi selanjutnya sehingga proses kaderisasi dan regenerasi bisa terus ada dan tunggu di setiap tahun melalui Pesantren Ramadan seperti ini," pungkas salim

Toko umat sekaligus kepala Mi Siti harapan lewutung (Ismail Lolonrian) menyampaikan bahwa kegiatan Pesantren Ramadan yang dilakukan oleh remaja Masjid Al Markas ini merupakan satu ikhtiar positif yang sangat berdampak dan tentunya menjadi ajang silaturahmi remaja masjid 2 Kecamatan yakni Omesuri dan Buyasuri untuk mengkolaborasi ilmu dan wawasan sekaligus membangun solidaritas keumatan di tingkat remaja masjid agar kedepan bertambah eksis dan tentunya berdampak maslahat untuk kepentingan negara umat dan bangsa kedepannya.

Ismail juga menilai model pendidikan Pesantren Ramadan ini layak dan harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik di lingkungan formal maupun non formal untuk itu kesuksesan pendidikan sudah semestinya menjadi tanggung jawab semua pihak baik guru lembaga keagamaan dan orang tua sebagai Madrasah pertama bagi anak-anak di rumah.

Selain itu mewakili instruktur Syamsul Thaib  juga menyarankan semoga kedepannya kegiatan semacam ini terus didukung dan dikawal penuh oleh stakeholder yang ada di wilayah kecamatan, desa maupun di lingkup masjid, sehingga kegiatan seperti ini menjadi tradisi positif dalam membangun peradaban generasi umat dan bangsa yang akan datang saya lulus menjadi ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebajikan menuju Indonesia Khairu Ummah

(Syam)