Notification

×

Paguyuban Bima Dompu Kota Kupang, Gelar Halal Bihalal dan Milad Majelis Ta’lim Nurul Annisa ke-22

Selasa, 07 Mei 2024 | Mei 07, 2024 WIB

halal_bihalal_keluarga_bima_dumpu
Paguyuban Bima Dompu yang terhimpun dalam Kerukunan Keluarga Bima Dompu (KKBD) Kota Kupang menggelar kegiatan Halal Bihalal dan perayaan milad Majelis Ta’lim Nurul Annisa ke-22 bersama seluruh warganya yang tinggal Kota Kupang

MATALINENEWS, KOTA KUPANG
- Paguyuban Bima Dompu yang terhimpun dalam Kerukunan Keluarga Bima Dompu (KKBD) Kota Kupang menggelar kegiatan Halal Bihalal dan perayaan milad Majelis Ta’lim Nurul Annisa ke-22 bersama seluruh warganya yang tinggal Kota Kupang dan sekitarnya.


Kegiatan yang berlangsung meriah di tempat wisata pantai Lasiana Kota Kupang pada hari Minggu, (05/05/2024) pukul 10.00 wita ini mengangkat tema ”Tebarkan Kebaikan dan Sucikan Hati dalam Bingkai Kebersamaan dan Silaturahmi untuk Meraih Derajat Taqwa”


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Kota Kupang  H. Muhammad M.S., beberapa Ketua Paguyuban seperti; IKM Saiyo Sakato, K2S Keluarga Jawa, Kerukunan Keluarga Lombok (KKL), Ikatan Keluarga Sumbawa (Ikasum), Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) NTT, Ustadz Dr. H. Fadli Muin, S.PdI., M.PdI bertindak sebagai penceramah, Ketua KKBD Wilayah NTT H. Arifin H. Muhtar, S.Sos.,MM dan beberapa tokoh KKBD seperti Drs. Ambo, M.Si, Aladin, S.Ag., MH, Idris M. Ali, S.Sos., M.Si, M. Said Ibrahim, SE, Ihwan A. Gani, S.Pd., M.Si (Sekretaris Umum KKBD Kota Kupang) serta beberapa tokoh masyarakat Bima Dompu yang ada di Kota Kupang.


Dalam laporan Ketua Panitia Halal Bihalal KKBD Kota Kupang Tahun 2024, Abdul Salam, SE menyampaikan ungkapan rasa bahagia yang luarbiasa karena kegiatan yang dipersiapkannya bersama panitia lainnya dalam waktu singkat, namun bisa berlangsung meriah


“saya sangat bahagia sekali melihat antusias warga kota kupang asal Bima Dompu bisa hadir dan memeriahkan acara ini,"ujarnya


Ketua panitia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia, donatur dan pengurus KKBD yang telah mensuport hingga acara ini terlaksana dengan baik. 


Selain itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Ta’lim (MT) Nurul Annisa Bima Dompu dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris MT Nurul Annisa Nurhilaliyah, S.Pd menyampaikan bahwa diusia yang ke-22 tahun MT Nurul Annisa terus berkarya, berkolaborasi dan berkhidmat untuk daerah ini khususnya di Kota Kupang tercinta, hal itu dibuktikan dengan anggota MT Nurul Annisa senantiasa terlibat dan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan keagamaan, kebangsaan dan kedaerahan, kami selalu ikut dalam event apapun.


"Keterlibatan Ibu-ibu MT Nurul Annisa dalam beberapa event tersebut, selalu memberi warna tersendiri dengan penampil khas seni budaya islam berupa qasidah, karena biasanya kalau kami ikut, selalu dapat juara Pak Ketua (Ketua MUI red), ungkap dia.


Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu-Ibu yang telah mewakili MT. Nurul Annisa dalam beberapa kegiatan lomba, momen Milad yang ke- 22 tahun ini kami ingin memberikan cinderamata kepada mereka.


Ketua Umum KKBD Kota Kupang Saiful, SKM., M.Kes menyampaikan terima kasih kepada Ketua Majelis Ta'lim Nurul Annisa, Panitia, Ikatan Mahasiswa Bima Dompu (IMBIPU) dan para Ketua Kelompok Arisan serta seluruh warga atas support dan dukungan terhadap semua kegiatan yang dicanangkan oleh KKBD Kota Kupang seperti; turut serta mendukung kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh MUI Kota Kupang


"Safari Ramadhan intern KKBD, Penggalangan sumbangan paket sembako untuk muallaf di Oebelo Kabupaten Kupang, Penyaluran zakat, infaq, dan sedekah melalui UPZ KKBD Peduli Ummat, bantuan untuk warga Bima Dompu yang membutuhkan, serta penyelenggaraan kegiatan hari ini, kiranya Allah swt dapat membalas semua budi baik bapak ibu sekalian," pungkasnya


Kepada seluruh warga Bima Dompu di Kota Kupang dan sekitarnya, Saiful menghimbau untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan, serta menjadi lokomotif toleransi antar umat beragama di kota ini, sehingga Kota Kupang tetap menjadi kota paling toleran di Indonesia.


Sementara itu, H. Arifin H. Muhtar, S.Sos.,MM selaku Ketua KKBD Wilayah NTT dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai Ketua KKBD Wilayah NTT, kegiatan positif seperti ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, untuk menjaga silaturahmi antar sesama warga rantauan”.


Arifin juga menyampaikan bahwa warga Kota Kupang asal Bima Dompu merupakan asset SDM Kota Kupang, karena menggeluti berbagai profesi seperti ASN, TNI/Polri. Wiraswasta/Pengusaha, Guru/Dosen, Politisi.

keluarga_bima_dompu

Kesempatan yang sama, Ketua MUI Kota Kupang H. Muhammad M.S. dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa ini bukan yang pertama kali melainkan kedua kalinya saya duduk sama rendah bersama warga Kota Kupang asal Bima Dompu dalam acara halal bihalal, hal ini menunjukkan bahwa ada ikatan batin dan persaudaraan diantara kita apalagi dalam sejarahnya antara Sulawesi dengan Bima Dompu itu adalah kakak beradik (saudara kandung), maka saya merasa ajang halal bihalal ini ibarat momentum seorang kakak yang datang menemui adiknya.


Kegiatan halal bihalal tersebut dilanjutkan dengan tauziyah hikmah halal bihalal oleh ustadz Dr. H. Fadli Muin, S.PdI., M.PdI. ustadz Fadli (sapaan akrab beliau).


"Ada dua pesan penting yang ingin disampaikan kepada saudara kandung saya (karena kebetulan berasal tanah Gowa Sulawesi Selatan) kepada warga Bima Dompu, pesan pertama mari kita jaga kebiasaan (benang-benang kesholehan) yang kita pintal selama bulan ramadhan kemarin, seperti; ibadah shaum / puasa, tilawah alqur’an, sedakah, dan qiyamul lail atau sholat malam," jelas Fadli

Dia juga mengajak kepada semua pihak agar menjaga silaturahim (antar sesama kaum muslimin, sesama anak bangsa dan sesama manusia), jauhi perdebatan apalagi perpecahan karena perbedaan pendapat adalah sunatullah, hal yang biasa akan kita temui dalam hidup ini, dan bukan hanya kita yang pernah berbeda pendapat, mulai dari para alim ulama, imam madzhab (antara empat imam madzhab berbeda pendapat dalam perkara tertentu), sahabat nabi pernah berbeda pendapat (memaknai hadist Rasulullah saw secara tekstual dan kontekstual), para nabi dan malaikat pernah berbeda pendapat, tetapi apakah mereka saling menyalahkan, saling membenci antar sesama akibat perbedaan itu, mereka sama sekali tidak saling menyalahkan, untuk itu momen halal bihalal ini kita jadikan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi.


Diketahui acara ditutup dengan doa oleh Ustadz Agusman, S.PdI serta pemotongan tumpeng Milad MT. Nurul Annisa yang ke-22 dan disaksikan oleh para tokoh yang hadir. 


Rangkaian acara halal bihalal diakhiri dengan game menarik dan seru yakni; tarik tambang dan joget balon yang diikuti oleh seluruh warga Bima Dompu yang hadir, keseruan, kehangatan dan kebersamaan acara sangat dirasakan oleh seluruh warga, terutama ketika game (tarik tambak) diikuti oleh para orang tua dan sesepuh Bima Dompu dan disuport/didukung oleh anak dan cucunya yang hadir.


(red)