Notification

×

Gelar MATSAMA, MTs Darussalam Bajo Sulamu Harap Dukungan dari Masyarakat Sulamu

Sabtu, 23 Juli 2022 | Juli 23, 2022 WIB

matsama_mts_darussalam_bajo_sulamu
Bakti Sosial MIN Kupang (Dok: Ishak/ 04/07/2022)
MATALINENNEWS.COM-- Menjelang berlangsungnya tahun pelajaran baru, 2022/2023, salah satu kegiatan awal di madrasah, sebagai rangkaian kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah atau MATSAMA. MATSAMA dilangsungkan untuk siswa Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA dan MAK).

Kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an
Terkait dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan surat edaran bernomor B- 1419/Dj.I/Dt.I.I/HM.01/06/2022 tanggal 13 Juni 2022, perihal Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun ajaran 2022/2023.


Merujuk pada dasar diatas maka MTs Darussalam Bajo Sulamu Gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) pada hari  Kamis, 14//07/2022 yang lalu.


Kegiatan MATSAMA yang melibatkan siswa  14 orang ini berlangsung selama 3 hari dengan spirit tema yang diusung "Mewujudkan generasi yang tangguh, semangat dan berprestasi".


Ketua Panitia (Ibnu El Songge) menuturkan bahwa, sebelum kegiatan bhakti sosial membersihkan pantai, ada beberapa agenda acara yang sudah di laksanakan sesuai dengan panduan matsama tahun 2022 ini meliputi, Kemadrasahan (pengenalan lingkungan madrasah) tentang sejarah berdirinya MTs Darussalam Bajo Sulamu, Fasilitas Madrasah, Tata Tertib Madrasah dan kegiatan organisasi kesiswaan serta menumbuhkan karakter Moderasi beragama.


"Walaupun MTs ini baru saja didirikan tapi kami bertekad dengan pelaksanaan kegiatan Matsama ini juga bisa membangkitkan semangat masyarakat sulamu untuk memberikan dukungan agar MTs ini semakin maju dan bisa bersaing dengan madrasah lainnya."pungkas Ibnu.


Selain itu Kepala Madrasah (Sulating Toga, S.Pd.I)  menyampaikan kepada seluruh peserta Matsama agar selalu menumbuhkan semangat baru dalam mengikuti proses belajar di madrasah dan jadilah generasi tangguh, berilmu dan berakhlak mulia kebanggaan keluarga, Nusa dan Bangsa karena MTs ini didirikan dari, oleh dan untuk kita masyarakat sulamu.


"Maksud dari kegiatan Matsama adalah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Sehingga keberadaan dari matsama ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya." jelas Sulating.


Sulating yang juga merupakan Alumni Universitas Muhammadiyah Kupang ini menambahkan bahwa, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan sikap disiplin yang baik bagi siswa dan menciptakan karakter yang kuat. (Adm/Ishak)