Notification

×

Momentum 1 Muharram KUA Omesuri Meracik Multi Lomba Antar TPQ

Minggu, 31 Juli 2022 | Juli 31, 2022 WIB

kantor_urusan_agama_omesuri
MATALINENEWS.COM | KUPANG--  Pergantian tahun setiap perjalan waktu merupakan sunatullah, Tahun baru islam adalah momentum hijrah setiap insan filard, merefleksi dan kontemplasi diri atas aktifitas perjalanan tahun lalu, yang menjadi pelajaran untuk menapaki kelanjutan hidup yang lebih memadai dari tahun sebelumnya. 

Open Ceremony menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriyah dan Hari ulang tahun RI ke-77 antar Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) sekecamatan Omesuri,  Kegiatan yang di gelar oleh Kantor Urusan Agama ( KUA) Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata yang bertempat di lapangan mini desa, persis depan SDN Balauring Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata. Sabtu, 30/07/2022 


KUA Omesuri selalu tampil beda setiap momentum, sering melakukan kegiatan kegiatan bermanfaat untuk generasi Omesuri, selalu saja ada kegiatan baik internal maupun ekternal lembaga via ekspansi memperkenalkan KUA ke publik lewat aktifitas aktifitas ruhaniyah maupun jasmaniah. Selain sebagai lembaga melegalitas hukum perkawinan, lembaga tersebut  terus memperkaya diri lewat iven hari besar baik Agama maupun Nasional. 


Dalam pantauan awak media, kegiatan perlombaan tersebut berlangsung sejak tanggal 30 Juli hingga 05 Agustus 2022. Dengan mengusung tema Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Kita Tingkatkan Semangat Mencintai Ilmu Agama. Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri oleh semua PAI non PNS, Pimpinan TPQ seOmesuri, dan para staf KUA. Ramuan kegiatan yang merangsang otak serta otot para atlit cilik ini cukup mengundang perhatian publik. Adapun jenis lomba yang akan digelar adalah Azan, hafalan surah pendek, balap karung, balap kelereng, pecah air, makan krupuk dan sepak bola mini. 


Peserta yang dihimpun oleh awak media melalui panitia pelaksana (Afrijal Abd Hamid) menyebutkan bahwa, ada sekitar 12 TPQ yang bakal beradu fisik serta otak dalam momentum ini adalah sebagai berikut: TPQ Azahra Balauring, Al-hikmah Balauring, Nuran Rubiah Balauring, Al-Qalam Hoelea, Al-fatah meluwiting, Al-iqra Leubatang, Izlatul Jannah Leuwayang, Nurul Islam Leulea, Sirajul Mukhlisin Wateng, Syukur Peu uma, Jabal Nur Leutoher, kesemua tiem ini telah mendaftar di panitia, dan berhak mengikuti segala bentuk perlombaan, dan tetap menaati segala peraturan yang berlaku tutup pemain Legen Roket ini. 


Kepala KUA Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata, (Jufri Hamid Enga, S. Hi). Dalam sambutan beliau memberikan beberapa point penting yang diawali dengan peristiwa tahun baru ini. 


Jufri, mengutip hadits Nabi bahwa, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Apabila hari ini sama dengan hari kemarin, maka kita termasuk orang yang merugi, dan bila hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka kita termasuk orang yang celaka. Dan jikalau hari ini lebih baik dari kemarin, maka kita tergolong orang yang beruntung. Maka kita perlu berhijrah dari hari kemarin untuk lebih baik untuk hari hari selanjutnya. 


“Tahun baru ini kita harus rajin mengaji, sholat, kesekolah dan selalu berbuat baik kepada sesama, agar kita termasuk generasi yang sholeh dan sholeha.”sambung Jufri 


Dirinya juga menambahkan bahwa, pertandingan / perlombaan ini hanya sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat ukhwah Islamiyah antar TPQ, kehadiran kita di tempat ini, semata mencari teman bulan menambah bibit permusuhan. Lawan bertanding kalian adalah teman bermain anda sekalian. 


“Selamat bertanding dan berikan yang terbaik untuk reputasi TPQ Kalian, tutup mantan pemain persebata. ( Sudarjo).