Notification

×

SMANTIQ Peduli SMANTIQ Berbagi di Hari Ulang Tahun Ke- 49 SMA Negeri 3 Kupang

Sabtu, 10 September 2022 | September 10, 2022 WIB

 

sma_negeri_3_kupang
MATALINENEWS.COM || KUPANG-- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kupang Gelar Acara Hari Ulang Tahun yang Ke- 49.

Acara yang bertemakan “SMANTIQ  peduli dan SMANTIQ berbagi” ini diawali dengan ibadah bersama semua keluarga besar SMA 3 Negeri Kupang yang dipimpin langsung oleh Pdt. Sepy Marthen Hawu, S.Th pada Sabtu, 10/09/2022.


Hari Ulang Tahun Ke- 49 SMA Negri 3 Kupang ini selain ibadah bersama sebagai bentuk Syukur kepada Tuhan, panitia juga mengisi HUT dengan berbagai kegiatan, diantaranya pentas seni dan berbagi sembako kepada sesama.


Ketua Panitia (Jonny Riyono) menyampaikan bahwa, acara ini sebetulnya hanya dalam bentuk Syukuran, gol nya tahun depan yaitu 50 tahun SMA 3 Negeri Kupang, sehingga tahun ini kita tidak terlalu ekspos keluar, kita lebih kedalam dengan gerakan semangat berbagi.


Jonny menjelaskan bahwa, semangat berbagi ini kita sudah lakukan di 5 titik, yaitu mendistribusikan barang di 4 titik panti asuhan dan 1 titik untuk komunitas di TPA Alak dalam bentuk sembako sebelum acara puncak hari ini.


“Mengingat tema HUT SMA Negeri 3 Tahun ini adalah “SMANTIQ peduli dan SMANTIQ berbagi” sehingga mendorong semua warga sekolah untuk berbagi untuk sesama” pungkas Jonny. 


Selain itu kepala SMA Negeri 3 Kupang (Ishak Daniel Elias Balbesi) menyampaikan bahwa, pada hari ulang tahun ke- 49 SMA Negeri 3 Kupang ini kami sangat bersyukur, beberapa tahun kita dilanda dengan covid- 19 tapi tahun ini kita diperkenankan tuhan untuk boleh memperingati 49 tahun SMA Negeri 3 Kupang.


Dirinya menjelaskan bahwa, tahun ini kita hanya sebatas memperingati saja, intinya adalah ibadah Syukur yang sudah kita laksanakan pada pagi tadi secara umum. Namun untuk memperingati 49 tahun SMA Negeri 3 Kupang ini, kita lebih meniti berat pada aksi- aksi sosial sebagaimana tema yang kami angkat pada HUT 49 SMA Negeri 3 Kupang yaitu “SMANTIQ peduli SMANTIQ berbagi, dan kami nyatakan kepedulian kami kedalam bikisan kasih kepada sesama kita yang sangat membutuhkan saat ini.


“Ini merupakan kepedulian kami terhadap sesama kita yang sangat membutuhkan, hal ini merupakan sejalan dengan semangat kami  atau etos kerja yang kami nyatakan dalam AKRONIM SMANTIQ, dan itu ada pada akronim T, yaitu tingkatkan peduli dan empati dalam asas gotong royong dan kekeluargaan”ujar Ishak. 


Ishak juga menambahkan bahwa, 49 tahun merupakan usia yang cukup panjang usia yang diperkenankan tuhan untuk sekolah ini dari tahun ke tahun agar semakin ada perubahan positif yang segnifikan.


“Kedisiplinan bapak ibu guru, pagawai dan siswa- siswi disekolah ini saya mau katakan bahwa, cukup luar biasa dan untuk hal ini kami bisa buktikan, sehingga harapan kami adalah terus berupaya semaksimal dan tetap mempertahankan budaya kita sebagaimana pesan- pesan yang telah disampaikan oleh para pendahulu kita pada saat acara Syukuran berlangsung tadi” tutup Kepala SMA Negeri 3 Kupang (Ishak Daniel Elias Balbesi).


Hadir dan turut memberikan motifasi Mantan Kepala SMA Negeri 3 Kupang (Drs Jerhans Adolf) menyampaikan bahwa, SMA Negeri 3 Kupang kembali menoreh sejarah, dimana semua guru,pagawai dan siswa bahu- membahu memajukan SMA Negeri 3 Kupang, memang pada usia yang ke 49 tahun ini, SMA Negeri 3 Kupang banyak menorehkan prestasi baik itu prestasi akademik maupun non akademik. Dan ini cukup mambawa harum pendidikan di Kota Kupang.


Mantan Kepala Dinas Kota Kupang ini berharap agar, prestasi yang sudah digaungkan baik itu prestasi akademik ataupun non akademik terus digaungkan atau ditingkatkan lagi oleh guru sebagai pendidik, kepala sekolah, komite dan orangtua murid. 


“Kepada anak- anak, saat ini kita masuk pada era digital, dimana persaingan cukup ketat, oleh karena itu anak- anak diharapkan terus belajar dan terus berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar” tutup Jerhans.


Ketua Komite SMA Negeri 3 Kupang (Markus Bolle) juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke- 49 SMA Negeri 3 Kupang, setelah 2 tahun kita dihantam badai covid, namun SMA Negeri 3 Kupang kembali bangkit. 


“Ia menyampaikan bahwa, ditengah masyarakat, SMA Negeri 3 Kupang adalah salah satu sekolah favorit di kota Kupang, dan hampir semua orangtua menginginkan anak- anaknya untuk sekolah di SMA Negeri 3 Kupang” ujar Markus.


Saya mewakili orangtua, “tambah Markus”  mengucapkan terima kasih atas segala karya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Kupang, baik guru, pagawe dan semua yang terlibat didalamnya.


“Saya berharap, kita bisa bekerjasama untuk meningkatkan apa yang suda ada, agar menjadi lebih baik dan juga tidak henti- hentinya mendukung apa yang sudah dilakukan selama 49 tahun ini” pungkas Ketua Komite Markus Bolle.


Pendiri SMA Negeri 3 Kupang (Osias Alfret Hilly) yang hadir dalam acara HUT 49 Tahun SMA Negeri 3 Kupang menjelaskan bahwa, Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) adalah nama awal mula sebelum menjadi SMA Negeri 3 Kupang, yang lahir pada tanggal 09 September 1973. Kelahiran sekolah ini dengan harapan, sekolah ini sebenarnya semi skill keterampilannya 14 jam, akan tetapi tidak didukung oleh kurikulum yang ada sehingga diubah menjadi SMA Negeri 3 Kupang.


Dirinya berharap agar semua guru harus mengajar dengan cinta, karena anak- anak akan menghadapi tantangan yang lebih besar pada 5 – 10 tahun kedepan. 


“Semakin banyak SDM yang dicetak setiap tahun dengan ketersediaan lapangan kerja begitu kecil di NTT ini, anak- anak harus kuat selama di bangku SMA agar bisa menentukan pilihan hidupnya untuk masa depan” tutup Osias. (Fathur)


Tonton Juga Liputan Youtube