Notification

×

Gelar Upacara Hari Santri, Halaman Pondok Pesantren Manahil Al- Irfan Dipadati Masyarakat

Minggu, 23 Oktober 2022 | Oktober 23, 2022 WIB

ponoes_manahil_al_irfan
Foto: Istimewah
MATALINENEWS.COM | LEMBATA-- Upacara memperingati hari santri Nasional tahun 2022 dilaksanakan penuh khidmat dan rasa kekeluargaan. Kegiatan tersebut bukanlah seremoni lokal yang hanya di dilakukan oleh segelintir orang, namun upacara ini adalah hajatan Nasional sehingga serempak dijalankan di seluruh Indonesia, apalagi pondok besar dan sudah berusia lanjut, tentunya acara meriah dan sangat bermakna.

Pondok menjadi garda depan, memiliki kekuatan daya yang besar, dalam menjaga eksistensi derajat serta martabat makhluk yang bernama manusia.


Hari santri Nasional dengan bertemakan "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" ini dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Manahil Al- Irfan Desa Atu'wa'lupang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata pada hari Sabtu, 22/10/2022.


Pada pelataran pondok tersebut, berjubel para cendekia, para ustadz ustazah civitas madrasah se Uyelewun memadati area dibawah rimbuhan pohon kelapa, suasana sejuk mendung memayungi seakan hujan lekas turun. 


Hadir dalam upacara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lembata, (H. Ishak Sulaiman, S.Ag), Kepala Seksi Pendidikan Islam (Abd Rauf Afwa, S.Ag), Pengawas Madrasah (Abdurahman Sarabiti, S.Ag), Kapolsek Buyasuri, Kepala KUA kecamatan Omesuri dan Buyasuri, Kepala Desa dan BPD Se- Kecamatan Omesuri dan Buyasuri, Kepala Madrsah, para tokoh Agama, tokoh masyarakat, serta para santri pondok pesantren Manahil Al- Irfan. 


Bertidak sebagai MC Guru pada MTsN 1 Lembata (Amru Nur, S. Pd),  pemimpin upacara Guru PJOK pada MAN 1 Lembata (Abdullah Syukur, S. Pd) pasukan pengibar bendera merah putih sekaligus pembacaan Naskah UUD 1945 dan juga ikrar santri oleh santriwati Ponpes Manahil Al- Irfan.


Bertindak sebagai pembina Kakan Kemenag Kabupaten Lembata H. Ishak Sulaiman, S. Ag dan Do'a oleh Guru pada MAN 1 Lembata Mangge Sarabiti, S. Sos.  



Usai upacara, peserta upacara dihibur dengan tarian yang bernuansa padang pasir, pembacaan puisi, serta atraksi tapak suci putra Manahil.



Kepala MA Almafaza Ponpes Manahil Al- Irfan Kasman Gunawan, S.H menyampaikan bahwa Ponpes bukan saja menghasilkan hafizh dan hafizah, namun pondok juga unggul pada bakat serta minat masing masing terus digalakan.



Ketua panitia Sengaji Kamarudin, S. Sos menyampaikan permohonanan maaf kepada seluruh stakeholder apabila terjadi keterlambatan dalam proses upacara. Dan segala tindakan maupun tutur kata yang tidak berkenan oleh panitia mohon dimaafkan. 


"Terkait rencana hari santri tahun depan, apabila amanah ini masih dipercayakan, kami akan alihkan kegiatan ini ke kampus II. sebenarnya upacara hari ini kita di Desa Wowong, namun ada satu dan lain hal sehingga niat itu belum kesampaian, Insya Allah kita berdoa jika hal ini terijabah maka tahun depan upacara kita lakukan di kampus II Desa Wowong Kecamatan Omesuri."pungkas Angaji


Selain itu, pimpinan pondok pesantren Manahil Al- Irfan H. Muhammad H. Mahmud, Lc memberikan harapan pondok kedepan menjadi lebih maju, membawa masa depan ummat untuk meneladani akhlak baginda Rasulullah. 


Ia menambahkan, Alhamdulillah hari ini rangkaian kegiatan berjalan lancar penuh khidmat dan berkesan. Terimakasih kepada Kakan Kemenag Kab. Lembata, Kasi Pendis, Pengawas Madrasah, Kapolsek Buyasuri, tamu undangan, Kades dan BPD Se- Kecamatan Omesuri dan Buyasuri, siswa siswi ponpes Manahil Al- Irfan.


"Kesan hari ini Alhamdulillah suasana mendung tapi tidak hujan, kesan acara ini sangat baik dan bagus. Dengan puisi yang dibacakan, dapat meneteskan airmata, yang menggambarkan historis perjalanan ponpes ini dari masa ke masa."tutup H.Muhammad.  (Sudarjo)