Notification

×

Kolaborasi Lembaga Pendidikan dan Masyarakat Piring Sina Lewat Upacara Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2022 | Oktober 28, 2022 WIB

desa_piring_sina
Foto: Suasana Upacara Bendera (Dok. Abubakar Pang)




KALABAHI -  Peringatan  Hari Sumpah Pemuda  mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.


Dengan spirit "Bersatu Membangun Bangsa" bersatu padu bergandeng tangan SMP Negeri Piring Sina, SD Inpres Baraler IV Pulau Kura, TK. Aisyiyah Bustanul Atfal Pulau Kura, pemuda dan semua masyarakat ikut merayakan upacara Sumpah Pemuda  pada hari ini, Jumat 28/10/2022.


Hadir dalam upacara, kepala desa Piring Sina, BPD, Ta'mir Masjid Ansyarullah Pulau Kura, Tokoh Masyarakat Remas dan ibu- ibu PKK desa Piring Sina.


Sebagai Inspektur Upacara Kepala SMP Negeri Piring Sina, Moh. Saleh Makka, S. Pd, Pemimpin Upacara Abd. Malik Mau, Pembacaan Teks Sumpah Pemuda Abubakar Pang dan Do'a  Penyulu Agama kecamatan Pantar Barat Jumadi Mau. 


Kepada media Kepala SMP Negeri Piring Sina (Moh. Saleh Makka, S. Pd) menyampaikan bahwa,  upacara hari sumpah pemuda ke 94 Tahun 2022 ini dengan tujuan agar kita membangkitkan keutuhan bangsa lewat  pendidikan karakter mulia dan membangun kompetensi dalam ranah keahlian mengasah kreatif dan inovasi. 


Ia berharap agar pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda ini mampu meningkatkan semangat  para pemuda dan kita semua dalam membangun Bangsa Indonesia. 


"Hari sumpah pemuda ini kita semua senantiasa meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wa Ta'ala." pungkas Saleh. 


Kepala desa Piring Sina (Samsudin Bambali) menyampaikan bahwa, sebagai warga negara yang baik, tentu kita menghargai jasa para pahlawan, terutama para pemuda yang sudah berjuang atas kemerdekaan bangsa Indonesia. 


Dirinya memandang bahwa kegiatan ini sangat baik, sehingga kedepan acara ini diupayakan lebih meriah lagi. 


"Namun jika diperkenankan acara selanjutnya kita libatkan satu kecamatan Pantar Barat untuk kita pusatkan kegiatan sumpah pemuda di desa Piring Sina." tutup Syamsudin. 


Acara yang berlangsung pada pagi hari ini, nampak berjalan dengan baik, dan akhir dari upacara Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 dengan santapan kleso (makanan tradisional Alor) sebagai wujud rasa kebersamaan masyarakat dan pemuda desa Piring Sina. (Refan/Red)