Notification

×

Puluhan Siswa SMK Negeri 6 Kupang Datangi Kantor KPU, BAWASLU dan DPRD Provinsi NTT

Kamis, 13 Oktober 2022 | Oktober 13, 2022 WIB

smk_negeri_6_kupang
Gambar : Siswa dan Guru SMK Negeri 6 Kupang Usai Pertemuan Bersama Anggota DPRD Provinsi NTT 
MATALINENEWS.COM | KUPANG- Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.


Untuk menjawab Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan juga sebagai dasar pelaksanaan pemilihan ketua osis SMK Negeri 6 Kupang,  siswa sebanyak 60 orang ini melakukan Study Tour pada instansi terkait dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  NTT dan juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) NTT pada, Selasa, (11/10/22)


Study Tour dengan tema Suara Demokrasi  ini dipimpin oleh Ketua Koordinator P5 Kurikulum Merdeka Belajar SMK Negeri 6 Kupang, Mas’ud Umar.


Kepala SMK Negeri 6 Kupang (Asa Manason Lahtang, M.Pd) menjelaskan bahwa, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan  kurikulum merdeka belajar  dengan tema Suara Demokrasi . Aktualisasi dari teori tentang suara demokrasi ini melalui pemilihan osisis, sehingga anak- anak diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung kepada lembaga terkait seperti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  NTT, dan juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) NTT.


Kita berharap dengan melihat dan mendengar langsung dapat memotifasi anak- anak SMK Negeri 6 Kupang agar bisa menjadi penyelenggara pemilu atau Anggota Dewan kedepan.


“Ada motifasi bagi mereka, sapa tahu kedepan alumni- alumni SMK Negeri 6 Kupang ada yang berkecimpung di KPU, BAWASLU atau mungkin ada yang menjadi Anggota Dewan,” ujar Asa


Lewat kegiatan ini, lanjut Kepala SMK Negeri 6 Kupang, anak- anak memiliki pemahaman yang baik tentang demokrasi, apalagi mereka adalah pemilih pemula pada pemilu 2024 nanti.


Salah satu siswa SMK Negeri 6 Kupang (Sani Samson) menjelaskan bahwa,  kami akan mengadakan pemilihan Ketua Osis, sehingga perjalanan kami ke KPU NTT, BAWASLU NTT dan DPRD NTT dengan tujuan menambah pengetahuan tentang mekanisme pemilihan yang baik dan benar.


"Kami berharap petemuan bersama KPU, BAWASLU yang berlangsung siang tadi, dapat berguna di sekolah kami, terutama pada saat pemilihan osis nanti,; pungkas Sani  (Tur/Red)


Tonton Juga Cuplikan Berita di Chanel Matalinenews Disini