Notification

×

Kota Kupang dengan Wacana Kemajuan Media Masa dan Media Sosial di Era Globalisasi

Kamis, 22 Desember 2022 | Desember 22, 2022 WIB

khairini_nursafitri
MATALINENEWS.COM | Penulis: Khairini Nursafitri

MATALINENEWS.COM -
Teknologi media di era globalisasi yang berkembang pesat membuat masyarakat terakumulasi dengan opini-opini mereka menjadi diskursus publik untuk dapat diamati di berbagai jenis media, seperti media masa ataupun media sosial. Wacana sosial kemudian memiliki kemampuan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan di tingkat elit, terlebih dalam permasalahan-permasalahan publik. Baik itu sebagai keuntungan ataupun hambatan, sama halnya yang terjadi di kota Kupang Nusa Tenggara Timur.


Dikutip dari Ruang Guru pada tanggal 19 Desember 2022 menjelaskan bahwa Globalisasi bisa terjadi lewat berbagai saluran, salah satunya adalah media masa. Media masa bisa menjadi saluran utama dalam globalisasi karena dengan adanya media masa masyarakat bisa mudah mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia. Peran dari media masa sendiri memberikan penemuan dengan adanya televisi, radio, serta internet yang menjadi pusat saluran media masa dalam proses globalisasi. Kita dapat dengan mudah melihat berbagai kebudayaan, ekonomi dan sosial masyarakat lain dengan hanya lewat layar-layar media dan dengan mudah kita dapat meniru hal-hal demikian.


Media Sosial dan Massa di Kota Kupang


Dikutip dari Kupang Antara tahun 2019 lalu, wali kota Kupang menyatakan bahwa “ Media massa sebagai sebuah institusi informasi memiliki peran yang sangat strategis dalam menyukseskan kegiatan pembangunan, sehingga kami sangat membutuhkan yang namanya dukungan media massa dan sosial” kutipan ini sangat penting untuk selalu di ingat di era globalisasi yang sangat maju, hal ini menunjukan bahwa setiap daerah memiliki kesadaran untuk mengetahui yang namanya media massa dan sosial, hal tersebut juga dapat membantu setiap masyarakat dalam menghadapi kemajuan zaman serta mempermudah kehidupan sehari-hari baik itu mendapatkan informasi, berbagi informasi, serta melihat fakta informasi.


Pemberitaan yang dilakukan media massa yang tertera di media sosial dapat mempengaruhi perubahan sosial, budaya, sosial, ekonomi, dan politik pada msyarakat kota Kupang. Maka dari itu pemerintahan kota Kupang membutuhkan jalan alternative media massa untuk hal-hal yang positif dan beruarai fakta, karena pemberitaan yang tertera merupakan konsumsi publik serta masyarakat Kupang, dengan begitu setiap apa yang diberitakan atau diinformasikan akan membentuk sebuah pemikiran yang akan menggiring setiap opini yang keluar dari masyarakat kota Kupang. Media-media yang ada dikota Kupang ikut serta berperan penting dalam kemajuan media masa kota kupang di era globalisasi. 


Masa Depan Kota Kupang Bersama Media Sosial dan Massa


Kota Kupang membutuhkan media masa yang maju, pemerintahan kota Kupang yang merupakan pusat informasi juga membutuhkan dukungan dari media massa dan sosial. Massa depan kota Kupang akan maju jika pemerintah serta masyarakatnya saling mendukung dalam setiap informasi yang keluar baik itu positif ataupun negatif, tinggal bagaimana menyikapinya, hal ini tanpa disadari akan memajukan media massa dan sosial di masa depan untuk kota Kupang, pemerintah kota Kupang fokus untuk memperbaiki kota Kupang, masyarakat mendukung dengan menaati aturan yang ada dan saling memajukan media masa dengan informasi-informasi yang baik. Tanpa hoax informasi untuk menurunkan kinerja pemerintah kota kupang maka maju juga fakta kinerja pemerintah kota kupang dan damai masyarakat kota kupang. Dengan kinerja saling bekerjasama maka masa depan kota kupang bersam media sosial dan masa di era globalisasi akan terus saling membantu dan mengisi kepentingan satu sama lain.


Penulis: Khairini Nursafitri (Mahasiswa Ilmu hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang)