Notification

×

SMK Negeri 6 Kupang Launching Kedai Pembelajaran (E- Learning Café)

Jumat, 02 Desember 2022 | Desember 02, 2022 WIB

e_learning_cafe_smk_negeri_6_kupang
Launching Kedai Pembelajaran (E- Learning Café) SMK Negeri 6 Kupang

KOTA KUPANG - Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kupang gelar Launching Kedai Pembelajaran (E- Learning Café) Proyek Pengembangan Sekolah (PPS) Pembelajaran Menyenangkan Melalui Moving Class E Leariing Café pada kamis 01/12/2022 kemarin.

Hadir dalam acara Launching Kedai Pembelajaran selain kepala dan seluruh pejabat SMK Negeri 6 Kupang, hadir juga ketua komite SMK Negeri 6 Kupang

Kepala SMK Negeri 6 Kupang (Asa Manason Lahtang, S.Pd,.M.Pd) menuturkan bahwa, tujuan dari Launching Kedai Pembelajaran (E- Learning Café) SMK Negeri 6 Kupang untuk pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Dirinya menilai bahwa, selama ini guru dan siswa hanya melakukan pembelajaran didalam kelas, sehingga ia mencoba melakukan inovasi baru yang menyenangkan yaitu kedai pembelajaran.

Ia mengatakan selama ini guru dan siswa hanya moneton di kelas sehingga kami menciptakan suatu inovasi pembelajaran yaitu pembelajaran yang menyenangkan
 

"Daya tampung kedai sangat terbatas sehingga akan dibagi jadwal agar semua guru bisa melakukan pembelajaran secara merata,"jelasnya.

Selain itu, kesempatan yang sama Kepala SMK Negeri 6 Kupang menyampaikan bahwa, ia menemukan ide ini disaat melakukan studi banding dibeberapa SMK yang berada di Pulau Jawa pada beberapa waktu yang lalu.

“Dengan keadaan yang santai, sambil menikmati minuman, namun dalam situasi seperti itu mereka sambil belajar,” ujarnya
 
Asa Lahtang juga menjelaskan bahwa, kadang siswa tidak pergi ke sekolah karena sekolah tidak mengciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga budaya seperti E- Learning Café ini perlu dikembangkan di SMK Negeri 6 Kupang.

"Kegiatan Launching Kedai Pembelajaran juga merupakan sebuah project pengembangan sekolah untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV- BOE) Malang dan Universitas Brawijaya Malang pada bebera bulan yang lalu. Sehingga dengan kegiatan launching kedai pembelajaran hari ini merupakan bukti bahwa project ini sudah berjalan,”jelas Asa
 
Dengan Kedai Pembelajaran ini, Kepala SMK Negeri 6 Kupang berharap agar anak- anak lebih menikmati  kebebasan dalam belajar dengan moto kurikulum merdeka belajar.

Hal menarik lain yang ditampilkan pada saat Launching Kedai Pembelajaran adalah sebuah hibauan dengan menggunakan Bahasa Inggris  kepada  siswa dan guru oleh siswa   Ririn dan Cinta Ximenes.

"We are happy with the e-learning cafe because learning doesn't have to be in the classroom, learning is more fun and not tied or free"

Kami senang dengan adanya e -learning cafe karena belajar tidak harus di dalam kelas, belajar lebih menyenangkan dan tidak terikat atau bebas.

"Sepertiga tempat itu english area artinya bagi siapa saja yang masuk zona itu baik guru atau siswa tanpa terkecuali wajib berbahas inggris dan zona itu ada access link soal bahasa inggris, selain itu ditempat kedai pembelajaran juga disediakan kopi tapi dilarang merokok," tutup Ririn dan Cinta Ximenes (ftr/red)