Notification

×

Akses TOL Laut Sabuk Nusantara 55 Lembata - Bima Telah di Buka Tahun Ini

Senin, 16 Januari 2023 | Januari 16, 2023 WIB

tol_laut_sabuk_nusantara_55
Sabuk Nusantara 55 saat tambat di dermaga Wulandoni Lembata (Dok. Darjo)

LEMBATA 
-- Betapa gembiranya membaca postingan pada beranda akun Facebook atas nama Soleman Dohawu Robo Lay terkait info 
jadwal terbaru kapal Sabuk Nusantara 55, ada penambahan 1 pelabuhan di Wulandoni


PT. Selvi Trans Indo Jln. Kalimas baru no. 128-130 Surabaya - 6065, tlp. (031) 3281372 (Hunting)  FAX, (031) 3292472 Email Citraperintis@gmail.com Nomor : 05/STI/CB-KPG/I/2023, Perihal Emploi KM SANUS 55 Trayek R-26 Voyage I, yang telah dirilis per 12 Januari 2023 terkait Penambahan satu pelabuhan yang disinggahi oleh kapal Sabuk Nusantara 55 yakni pelabuhan Wulandoni di Kabupaten Lembata. 


Adapun atas perkenannya (Emploi) dengan surat penugasan perjalanan KM Sabuk Nusantara 55,tepatnya hari ini tanggal 15 Januari 2022 kapal penumpang tersebut menyinggahi pelabuhan Wulandoni dengan baik. 


Adapun rute terbaru sesuai dengan rilisan surat penugasan yakni : Kupang, Wulandoni (Lembata), Mananga (Flotim), Maumere (Sikka), Palue, Marapokot (Nagekeo), Kedindi (Reo Manggarai), Labuan Bajo (Manggarai Barat), Bima ( Nusa Tenggara Barat), kemudian kembali lagi seperti rute datang kapal tersebut dan seterusnya. 


Tentunya akses ekonomi Lembata  semakin pesat melalui jual beli barang diantaranya hasil komoditi seperti kemiri, kelapa, pisang, dan asam, serta hewan unggas, ikan kering, bisa dijual ke Bima, begitupun sebaliknya bawang, beras, garam, serta sayuran yang tahan lama, bisa didagangkan ke Lembata. 


Selain sisi keuntungan pada sisi ekonomi, pastinya aspek sosial pun akan berdampak dari arus mudik penumpang yang masuk ke daerah ini. Baik berdagang, bertugas hingga berwisata. Apalagi tempat wisata Lembata yang begitu menggiurkan hingga ke manca negara. Jelasnya tumbuh ekonomi dan sosial di kabupaten Lembata semakin baik, dengan adanya rute penyebrangan Lembata - Bima tersebut. 


Para Guru, perantau, Polisi, TNI serta Pegawai, Pedagang, yang berasal dari Bima, Labuan Bajo, Reo, Pota, Nagekeo, Maumere, yang bertugas atau berada di Lembata hari ini, ketika mudik/ libur kembali ke beberapa tempat tersebut diatas, pastinya tidak terlalu menguras tenaga dan finansal. 


Karena pelayanan laut semakin dekat atas ketersediaan Sabuk Nusantara 55, yang mana tiket cukup murah ketimbang melalui jalur Lembata, Larantuka, Maumere dan seterusnya. Selain murah tiket kapal tersebut sangat nyaman dalam penyebrangan, sehingga liburan tahun ini bisa mengatur jadwal untuk mudik bersama Sabuk Nusantara 55.


Dalam pantauan awak media Mataline News melalui Facebook dalam group Sabuk Nusantara 55, hari ini telah bersandar baik di pelabuhan Wulandoni Kabupaten Lembata, tanpa ada hambatan. Yang sebentar lagi akan berlayar menuju Mananga lanjut Maumere. 


Marwati Ismail berhasil diwawancarai awak media, 15/01/2023 di kediamannya desa Leubatang kecamatan Omesuri, beliau mengisahkan bahwa, jika ngomong pulang Reo, mau dibayangkan perjalannya saja, saya sudah mual ingat jalan darat dari Larantuka ke Maumere. Kadang kami keluarga harus berminggu- minggu bertahan di Maumere bila kapal masih dalam perjalanan. 


"Kalau hitung normal waktu yang dihabiskan dalam perjalanan pasti hampir seminggu. Saya cukup senang mendengar berita tersebut melalui Facebook, untuk pulang Reo kami tidak naik turun mobil atau kapal lagi, karena Sabuk Nusantara 55 dari Lembata Ke pelabuhan kedindi Reo sudah tersedia." tutur Marwa. 


Perempuan Reo yang berusia  36 tahun ini, menikah dengan pria Lembata dan sudah menetap 10 tahun di Lembata, lanjutnya bahwa setiap pulang kampung tentunya saya harus siapkan fisik serta stamina yang cukup, karena cukup jauh perjalanan. Namun syukur alhamdulillah atas dibukanya rute tersebut, semoga jadwal ini paten dalam penyebrangan setiap waktu harap Marwah. 


(Darjo/ Red)