Notification

×

Doa Syukur Puncak Ulang Tahun Kemenag Lembata oleh Beberapa Tokoh Agama

Jumat, 10 Februari 2023 | Februari 10, 2023 WIB

doa_bersama_kemenag_lembata

LEMBATA, MN--
  Dua kegiatan dipadukan yakni memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama RI ke 77, dan hari ulang tahun Kementrian Agama Kabupaten Lembata ke 20, acara  diselenggarakan di aula terbuka kantor tersebut. Beberapa kegiatan telah dahulu dilakukan sebelumnya berupa jalan santai, senam tobelo, apel bersama, lomba renang, Anjangsana, pembagian sembako, serta futsal antar anak usia SD/MI sekabupaten Lembata pada, Kamis 09/02/2023.


Begitupun panjatan doa syukuran dilakukan di beberapa tempat oleh Aparatur Sipil Negera (ASN) Kantor Kemenag Kabupaten Lembata, berupa doa bersama ummat di Gereja Katolik St. Fransiskus de sales Pada, sembahyang hari purnama kawulu di Pura Satria Nantha Lewoleba, ibadah syukur di Gereja Kristen Maranatha Pada, serta doa syukur ASN Muslim lingkup Kemenag Kabupaten Lembata, semua dilakukan beberapa hari sebelum puncak acara hari ini. 


Kegiatan syukur ulang tahun tersebut mengusung tema " Merawat Kerukunan Meneguhkan Komitmen Kerja, Meraih Prestasi Menuju Lembata Hebat". Turut hadir pada acara tersebut adalah para tokoh agama, instansi mitra kerja, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan, pensiunan, dan keluarga besar Kemenag Kabupaten Lembata. Mengucap syukur untuk selalu bersama dalam membangun, memperkuat dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk Lembata hebat. 


Acara di dahulukan menyanyikan lagu Indonesia raya, yang kemudian dilanjutkan dengan doa syukur kerukunan oleh tokoh agama yang masing-masing di wakili oleh I wayan Lancar dari Hindu, Pdt. Ferdi Leimewehira, S.Th dari Kristen, Asadula Abdullah, S.Ag, (Imam Masjid Pada) dari Islam, Romo Boni, Pr (Kepala SMAK St. Mikhael Solor) dari Katholik. Doa begitu khusuk dilantunkan dan mengharapkan kejayaan serta kemajuan rumah besar Kemenag Kabupaten Lembata. 


Sambutan beberapa tokoh agama pada kesempatan tersebut, mengucapkan proficiat yang mendalam kepada Kemenag Kabupaten Lembata yang telah berusia 20 tahun, jadilah kita seperti garam, dimanapun tetap memiliki cita rasa yang berbeda yang selalu di cari orang. 20 tahun adalam masa menuju kematangan, rawatlah perbedaan, semoga tahun mendatang berubah lebih baik lagi. Kemajemukan dan Kebhinekaan itu indah. Indahnya Republik ini karena ada beberapa warna, rawatlah dan jadikan berkat untuk semua. 


Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lembata H. Ishak Sulaiman, S.Ag dalam sambutan akhirnya mengisahkan perjalanan yang hingga hari ini kita rayakan genap berusia 20 tahun. Awal mula hanya beberapa orang saja ditempat ini, sehingga kami setelah dilantik kerja pun tanpa staf, sehingga Administrasi dan pengetikan serta pengantaran dilakukan sendiri  ungkap beliau. 

Lanjut ia, ucapan Terima kasih tak terhingga kepada almarhum Bapak Andreas Duli Manuk dan Mukhtar Pua Gola yang telah melakukan dengan cara mereka sendiri untuk menghadirkan Kantor ini beberapa tahun silam ungkapnya, lanjut Dia tahun 2023 adalah tahun toleransi, sehingga jangan diantara kita untuk  intoleransi. Tahun 2024 adalah tahun politik, sehingga kepada kita semua harus menghadirkan kerukunan dalam pikiran, untuk Lembata lebih baik harap Ishak. Kuatkan dengan membangun inovasi, integritas dan ide besar, peradaban yang besar tidak bisa dibangun dengan otak yang kosong, namun hadirnya peradaban harus dengan ide ide yang luarbiasa. Ditengah kegembiraan ini lanjut Dia, kami ingin mengevaluasi diri secara seksama, untuk bangkit dan maju bersama di rumah besar Kemenag Kabupaten Lembata tutup Ishak. 


Usai sambutan acara, pemotongan nasi tumpeng  oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lembata di dampingi oleh beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat, sekaligus pose dan makan siang bersama.


(Sudarjo)