Notification

×

Gelar Sosialisasi dan Informasi Tentang Data Pada Siaga dan Emis PAI di Kabupaten Lembata

Jumat, 03 Februari 2023 | Februari 03, 2023 WIB

sosialisasi_siaga_gpai_lembata

LEMBATA,
MATALINENEWS.COM-- Menyahuti surat Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementrian Agama Kabupaten Lembata rangka Pelaksanaan Sosialisasi Siaga dan Emis PAI Tahun 2023 bertempat di aula terbuka Kantor Kementrian Agama Jl. Trans Lembata Lamahora Lewoleba Lembata pada Rabu 01/02/2023 yang lalu.


Kegiatan Sosialisasi Sistim Informasi Kelembagaan (SIAGA) dan Education Information Management System (EMIS)  terlaksana dengan baik, lantaran responsif baik oleh Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) berbagai tingkat se Kabupaten Lembata.


Hadir mengikuti kegiatan tersebut selain GPAI, hadir juga Sub Koordinator (Subkor)  bidang Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, (Hj. Rosmini Semsi, SE), admin bidang (Pendis) pada Kantor tersebut, (Sudirman, S. Pd), Kepala Seksi Pendidikan Islan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lembata, (Abd. Rauf Afwa, S. Ag), pengawas PAI pada Sekolah (Moh. Rifai A. Mukin, S. Ag).


Acara sosialisasi yang dipandu langsung oleh Kasie (Pendis) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lembata ini selain informasi penting yang disampaikan, ada pula penguatan penguatan yang disampaikan yakni terkait keGPAIan.


Hj. Rosmini Semsi, SE menyampaikan dalam rapat sosialisasi tersebut terkait dengan siswa muslim pada sekolah, perlu secara gencar dilakukan sosialisasi siswa muslim masuk ke sekolah umum, yang harus secara bersama sama kita lakukan di sekolah umum ada guru PAI disana. Sehingga trik yang dibangun adalah bagaimana animo siswa dan orang tua masuk ke sekolah umum perlu ditingkatkan.


"Jika di Madrasah setiap hari sholat Dhuha, maka sekolah umum pun harus canangkan sholat dhuha bagi siswa muslim pada sekolah tersebut."tegasnya.


Dirinya menjelaskan bahwa peran Kelompok Kerja Guru (KKG)/(MGMP) PAI Lembata, kemandirian harus ditingkatkan, seperti keaktifan iuran dan lain sebagainya, agar kegiatan seperti ini bisa di tangani melalui iuran yang telah terkumpul oleh komunitas tersebut.


Proficiat (GPAI) Kabupaten Lembata yang telah sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan  tanpa proposal. Informasi lomba debat moderasi Agama tingkat SMA/SMK, sosial media, berupa Narasi tingkat SLTP, Jurnal Guru, menghafal surah pendek untuk Raudhatul Atfal (RA).


"Lembata jangan ketinggalan kereta, karena Lembata telah banyak kali menorehkan sejarah beberapa ivent Nasional beberapa tahun yang lalu." pungkas Hj. Rosmini Semsi, SE


Sudirman, S. Pd selalu admin Pendis menyampaikan bahwa setiap saat harus update setiap  data diri yang mengalami perubahan secara mandiri. Karena Negara membayar baik Tunjangan Profesi maupun kinerja serta yang lain lain, berdasarkan Pengimputan data diri. Sehingga diharapkan balance antara hak serta kewajiban para GPAIt.


"Saat ini di Kabupaten Lembata baru sebelas orang terupdate data Emisnya, sementara masih banyak yang belum terdata oleh Emis di tahun 2023. Banyak kolom yang masih nihil, banyak data yang belum terisi, hal ini menjadi perhatian khusus untuk lengkapi datanya, agar anda terbaca layak dibayar baik TPG PNS maupun Non-pns."pungkas Sudirman, S. Pd 


(Sudarjo)