Notification

×

Kegiatan Bina Keluarga Balita Secara Rutin di Kabupaten Nagekeo

Senin, 13 Februari 2023 | Februari 13, 2023 WIB

bkb_nagekeo
Foto: Istimewah

NAGEKEO,MATALINENEWS.COM
-- Kegiatan Bina Kekuarga Balita ( BKB) Merupakan kegiatan khusus yang diselenggarakan oleh tenaga medis serta pemangku kepentingan lainnya, dalam membina tumbuh kembang seorang anak. Hal ini dilakukan melalui pola asuh yang benar berdasarkan kategori usia. Kegiatan tersebut selalu melibatkan beberapa unsur Desa, yakni Pemerintah, para kader, bidan desa serta sasaran bayi dan ibu menyusui. 



BKB ini dilakukan untuk peningkatan pengetahuan, ketrampilan, serta kesadaran ibu serta anggota family dalam membina tumbuh kembang bayi Balita ( Bawah Lima Tahun) dalam hitungan usia emas, melalui stimulan demi keaktifan rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional, serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu atau anggota keluarga lainnya dengan bayi Balita. 



Kegiatan BKB menjadi rutinitas bulanan, selain ( Posyandu) untuk mengetahui BB (Berat Badan), TB ( Tinggi Badan) bayi, yang melibatkan pemerintah setempat Kepala Desa dan Ibu PKK. Peserta kegiatan adalah melibatkan orang tua bayi Balita, yang dilaksanakan di Pos Kesehatan Desa ( Poskesdes) Dorameli  Desa Raja Selatan. Bertindak sebagai narasumber adalah Bidan Des dan fasilitator/ relawan yang terdiri atas kader posyandu, dan Pembantu Pelaksana Keluarga Berencana ( PPKBD). 



Siti Jumiah Yunus, A. Md, Keb. Selaku fasilitator  Bidan Desa, di Poskesdes Raja Selatan Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, berhasil di konfirmasi melalui whatsapp Minggu 12/02/2023 ia mengharapkan bahwa  semoga kelas BKB  ini menjadi wadah bagi orang tua untuk belajar dan membentuk kekuarga yang hebat dan bahagia harap Siti. 

 

"Kegiatan ini cukup memberi dampak manfaat yang besar untuk orang tua, bayi Balita pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, untuk bisa mengetahui cara mengasuh anak yang benar sesuai tuntutan medis, yang dapat membentuk keluarga yang hebat. Sesuai slogan BKB " Ingin jadi orang tua hebat?? Ayo ke BKB. " Salam BKB Orang tua hebat, Balita Cerdas dan Keluarga bahagia."Pungkas Siti Jumiah Yunus, A. Md, Keb.



(Tim/Red)