Notification

×

Ormas Garuda Kupang NTT Ajak Mahasiswa Asal Papua Fokus Kuliah dan Tidak Tergabung Organisasi AMP

Senin, 27 Februari 2023 | Februari 27, 2023 WIB

ormas_garuda_kupang
Ormas Garuda Kupang NTT mengajak Mahasiswa Asal Papua di Kota Kupang memfokuskan diri pada perkuliahan (Dok.Istimewah) 

KUPANG, MATALINENEWS
-- Ormas Garuda Kupang NTT mengajak Mahasiswa Asal Papua di Kota Kupang memfokuskan diri pada perkuliahan yang sedang ditempuh di Kota Kupang. Mahasiswa Asal Papua juga diminta tidak bergabung pada organisasi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP). 


“Kami ajak basodara mahasiswa asal Papua untuk fokus pada kuliah agar dapat terlibat dalam pembangunan daerah di Papua nanti,” kata Ketua Garuda Kupang NTT Mex M. Sinlae, dalam rilis yang diterima media, Sabtu (25/2/2023).


Dirinya juga mengingatkan mahasiswa asal Papua di Kota Kupang untuk tidak bergabung dengan kelompok organisasi AMP. Sebab organisasi itu disinyalir berafiliasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). 


Mex menyebut, pihaknya menolak keberadaan organisasi AMP di wilayah provinsi NTT, terkhusus Kota Kupang.


“Secara tegas kami sudah nyatakan menolak AMP karena bahayanya bagi keutuhan negara Indonesia. Apalagi kelompok ini intens lakukan propaganada isu-isu separatisme lepasnya Papua dari wilayah NKRI,” katanya.


Penolakan yang dilakukan Garuda Kupang NTT, lanjut Mex, bukan berarti melarang bahkan merampas kebebasan mahasiswa untuk berdemokrasi. Akan tetapi, dirinya mengingatkan agar hak berdemokrasi juga harus diimbangi dengan kewajiban untuk taat pada hukum dan aturan yang berlaku.


“Sebagai ormas yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi Pancasila, kami menghormati hak setiap warga negara untuk berserikat dan berkumpul. Akan tetapi, kami pun tidak segan-segan terlibat aktif dalam upaya bela negara ketika ada upaya yang merongrong persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.


Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus di wilayah Kota Kupang merawat keamanan dan kerukunan sosial ditengah masyarakat. Sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.


(**/Red)