Notification

×

TPQ Sabililmuttaqin Wailolong Juara I Umum Lomba Renang Bahari Antar Santri Se Omesuri

Senin, 06 Februari 2023 | Februari 06, 2023 WIB

santri_omesuri_lembata

LEMBATA, MATALINENEWS --
Kegiatan memperingati hari lahir Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata ke 20, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata, menyelenggarakan lomba renang antar Taman Pendidikan Al-quran (TPQ) seKecamatan Omesuri, yang berpusat di jembatan jetty pojok cinta Desa Balauring Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata. 


Hasil pantauan awak media terjadi ajang olah fisik bahari, yang dipimpin langsung oleh Kepala (KUA) Kecamatan Omesuri Jufri Hamid Enga, S.HI pada, Minggu 05/02/2023.


Dalam lomba tersebut nampak terlihat antusias peserta dan pelatih, mematangkan persiapan untuk kegiatan dimaksud, berjubel memadati jembatan kayu yang menjorok ke tengah laut tersebut, yang merupakan aset destinasi wisata Desa tersebut. Kegiatan ini cukup meriah, peserta yang hadir sekitar 70 orang, bersiap siaga melompat dari bibir jetty  dalam hitungan angka. Dewan juri lomba telah sigap memantau kecepatan dalam berenang. Lomba dan jarak tempuh dibagi dalam dua kategori, yakni kategori putra dan putri usia SD/MI.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh staf KUA, para Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS, peserta lomba, official/pendamping, TPQ se Kecamatan Omesuri, serta masyarakat sekitarnya yang beranimo lomba bahari, berjubel rapi menyaksikan pentas seni laut tersebut. 


Adapun utusan TPQ yang turut mengambil bagian tersebut adalah, TPQ Sabililmuttaqin Desa Wailolong, TPQ Al-muhajirin kampung baru Desa Wailolong, TPQ sirajul mukhlisin Wateng Desa Lebewala, TPQ Az-zahra Desa Balauring, TPQ As-somad Leunapo Desa Normal I, dan TPQ Nurul Jamaah Desa Normal. Kesemuanya turut aktif dalam kegiatan, dengan di dukung oleh kondisi alam yang hari ini bersahabat. 


Dalam perhelatan lomba bahari tersebut, sesuai hasil akumulasi kecepatan dan variasi lomba oleh Dewan juri, memutuskan kejuaraan sebagai berikut : Juara kategori putra, juara I di raih oleh Ilham Fauzi berasal dari TPQ Sabililmuttaqin Desa Wailolong, juara II diraih oleh Muhammad Ilham berasal dari TPQ Nurul Jamaah Leunoda Desa Normal, dan Juara III diraih oleh Rian Rivaldo berasal dari TPQ Sabililmuttaqin Desa Wailolong. Sedangkan kategori kejuaraan putri, juara I oleh Marina Muhammad berasal dari TPQ Sabililmuttaqin Desa Wailolong, juara II oleh Kamkariani berasal dari TPQ As-somad Leunapo, Desa Normal I, dan juara III oleh Wamina Harun berasal dari TPQ Desa Wailolong. 


Mahmud Manuhoeq selaku penyuluh non PNS menyampaikan  bahwa dengan adanya ajang lomba ini, dapat mempererat ukhwa islamiah antar santri TPQ se Kecamatan Omesuri, dan dapat menumbuhkan jiwa bahari bagi generasi muda. Hal ini jarang dilakukan, sehingga (KUA) menginisiasi untuk melaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kementrian Agama Kabupaten Lembata, dan juga untuk merekatkan kecintaan manusia terhadap alam khususnya bahari.


Sedangkan Kepala KUA Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata Jufri Hamid Enga, S.HI menyampaikan bahwa olahraga renang merupakan salah satu cabang yang disunahkan oleh Rasulullah, dan mengharap kepada para santri untuk mencintai lomba renang, sebagai wujud mahabba kita kepada khatamulambiyah.

"Insa Allah setiap momentum KUA Omesuri tetap melakukan kegiatan apapun yang berdampak pada sisi fisik serta mental generasi Omesuri." tutup Jufri.


Acara berakhir dengan pengumuman kejuaraan, dan menikmati alakadar seadanya, di area Jetty pojok cinta Desa Balauring. 


 (Sudarjo)