Notification

×

320 Siswa SMK Negeri 6 Kupang Ikut Uji Kompetensi Keahlian

Sabtu, 04 Maret 2023 | Maret 04, 2023 WIB

ukk_smk_negeri_6_kupang
Siswa SMK Negeri 6 Kupang selenggarakan ujian Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII pada Senin, 27/02/23 (Dok. Matalinenews)


MATALINENEWS.COM
-- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kupang selenggarakan ujian Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Siswa Kelas XII pada Senin, 27/02/23 yang lalu.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari sejak  27 Februari sampai 2 Maret 2023 ini diikuti oleh 320 siswa Kelas XII.

Waka 1 Kurikulum Sujono, S.Pd kepada media ini menyampaikan bahwa, tujuan UKK pada dasarnya untuk mengukur kompetensi siswa yang sudah belajar selama 3 tahun baik di sekolah maupun di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) melalui program Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Ia juga menjelaskan bahwa, dengan adanya UKK ini bisa di ketahui apakah siswa kompeten atau tidak, apakah sudah siap masuk dunia kerja atau belum, hal itu di buktikan dengan sertifikat kompetensi yang di keluarkan oleh DUDI- DUDI pasangan sebagai Asesor dalam UKK kali ini.

“Dalam pelaksanaan UKK tahun ini SMK Negeri 6 menggandeng DUDI pasangan sebagai asesor dengan harapan ingin mengukur kurikulum yang sudah di selaraskan dengan DUDI supaya benar benar siap untuk masuk dunia kerja.”ungkap Sujono

Selain itu, Koor Prodi Universitas Nusa Cendana, Dosen Teknik Elektro,Bidang Minat TIK (Ichsan Fahmi, ST, MT) juga menyampaikan bahwa sejak hari Sabtu (25/02) mulai dari pengecekan terhadap semua peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang ditentukan, setelah kami lakukan bersamaan semua sudah memenuhi standar.

Dalam UKK “sambung dia”  tahap pertama adalah ujian tertulis kemudian dilanjutkan dengan ujian lisan, dan itu dilakukan satu demi satu. Kita bertanya tentang teori mulai dari basis data sampai perancangan, kebetulan mereka mengambil tema pembuatan pembayaran SPP jadi banyak hal yang kita coba sebagai bentuk persiapan mereka agar ketika masuk ujian keahlian mereka siap atau tidak.

“Dan nampaknya hampir semua yang kami tes itu ya ekspektasi kami melebihi yang kami inginkan, dan rata- rata melampaui dari ekspektasi kami jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,  kelihatan ada peningkatan mulai dari tes tulis, tes lisan kemudian begitu juga dilanjutkan dalam praktek.”jelasnya

Foto: Suasana Ujian UKK SMK Negeri 6 Kupang

Untuk praktek, Ichsan mengaku sempat wawancara beberapa siswa, misalnya ada yang bernama Said, kebetulan saya membongkar dia cukup mendalam mulai dari bagaimana dia membangun basis data sampai hasil yang ditampilkan berupa penanganan form login pembagian level user, kemudian masuk yang terakhir menguji validasi program yang sudah dikerjakan berupa pengecekan apakah ada error atau tidak. 


Ini juga suatu hal yang tahun sebelumnya tidak ada, jadi tahun ini baru diadakan di dalam tes tersebut.

"Harapan kami ke depan tentu saja sebagaimana harapan kepala sekolah bahwa meskipun SMK Negeri 6 akan membantuk LSP sendiri akan tetapi kami berharap kerjasama juga dengan pihak eksternal dalam hal ini kami dari Undana, kemudian juga Universitas Artha Buana Kupang sedangkan dari pihak nasional yang bekerja sama dengan Axioo."
Koor Prodi Universitas Nusa Cendana, Dosen Teknik Elektro,Bidang Minat TIK (Ichsan Fahmi, ST, MT)

 

(“ Fathur)