Notification

×

Dukung Penataan Wisata Kuliner Kelapa Lima, Karang Taruna Kelapa Lima Imbau Warga Jaga Kebersihan dan Keamanan

Kamis, 23 Maret 2023 | Maret 23, 2023 WIB

karang_taruna_kelapa_lima
Foto: Ketua Karang Taruna Kelapa Lima Joni Sander Sanda 

MATALINENEWS.COM--
Wisata Kuliner Kelapa Lima merupakan destinasi pusat wisata kuliner di Kota Kupang yang dibangun oleh kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran senilai Rp 79 miliar dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada bulan Maret 2022 lalu.


Secara teknis penggunaan lokasi wisata kuliner itu, Pemerintah Kota Kupang juga telah melaunching tempat tersebut menjadi pusat wisata kuliner Kelapa Lima yang diperuntukan penjualan ikan dan penyelenggaraan event budaya lokal guna pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Kupang.


Akan tetapi dalam pelaksanaannya, pengoperasian kawasan wisata kuliner Kelapa Lima masih menimbulkan persoalan seperti kebersihan, keamanan, dan ketertiban masyarakat pengguna kawasan wisata kuliner itu.


Menanggapi permasalahan itu, Ketua Karang Taruna Kelapa Lima Joni Sander Sanda angkat angkat bicara.


Menurut Joni, keberadaan Kawasan Wisata Kuliner Kelapa Lima membawa manfaat bagi masyarakat Kota Kupang dalam pengembangan usaha dan tempat wisata baru.


"Bagi kami warga Kelapa Lima, kawasan wisata kuliner menjadi tempat usaha. Dan warga Kupang pada umumnya dapat mengunjungi, berwisata di kawasan ini," katanya.


Joni berharap, masyarakat menggunakan berbagai fasilitas di kawasan itu dengan penuh rasa tanggung jawab, seperti menjaga kebersihan, tidak melakukan aksi vandalisme, serta bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan bagi semua masyarakat.


"Jaga kebersihan, jangan merusak fasilitas dengan tindakan coret mencoret di kawasan tersebut. Beri keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung," harapnya.


Untuk pengembangan dan pemeliharaan kawasan wisata kuliner itu, lanjut Joni, pihaknya bersedia membantu pemerintah dalam permasalahan jaminan keamanan dan penertiban parkiran kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan dan gangguan arus lalu lintas.


"Kami menyarankan disediakan lahan parkir di sekitar lokasi yang ditata rapi untuk roda 2 dan roda 4. Karang taruna dan seluruh pemuda Kelapa Lima siap membantu pemerintah," tegasnya.


Joni juga menyampaikan, Karang Taruna Kelurahan Kelapa Lima berharap pemerintah Kota Kupang mengedepankan penataan kawasan wisata kuliner Kelapa Lima yang berpihak pada pengembangan usaha masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.