Notification

×

Ignas Ite Lamadike Membuka Acara Penyusunan PAI Kelas VI Zona II Secara Resmi

Jumat, 03 Maret 2023 | Maret 03, 2023 WIB

ignes_ite_lamadike
Foto: Penyusunan PAI Kelas VI Zona II (Dok. Sudarjo)

LEMBATA,MATALINENEWS.COM--  Gerbang Ujian Akhir Sekolah Kelas VI Tingkat Dasar semakin dekat, memaksa Guru PAI harus menguras otak untuk menyukseskan amanah Undang undang tersebut. Ketua Kelompok Kerja Guru PAI tingkat Kabupaten Lembata Aminah Lukman, S. PdI membagi wilayah penyusunan soal menjadi 3 zona, yakni zona I Wilayah Kota, Kecamatan Nubatukan dan sekitarnya, zona II Wilayah Kecamatan Omesuri dan Wilayah III di Kecamatan Buyasuri, atas inisiatif para pemangku KKG wilayah II dan III menyepakati menjadi satu zona, yakni berkumpul menyusun pada zona II tepatnya di SDI Peuuma Desa Hingalamanengi Kecamatan Omesuri pada hari Kamis 02/03/2023.

 

Kegiatan ini adalah lanjutan zona I, yang telah terjadi beberapa waktu lalu tepatnya di SDI Lamahora Kecamatan Nubatukan tepat pada tanggal 24-25/02/2023 yang meliputi wilayah Lebatukan, Ileape, Ileape Timur, Nagawutung dan Wulandoni. Penyusunan soal ini sesuai dengan SK DIRJEN Pendidikan Islam nomor 604 tahun 2023 dalam juknis. 


Pantauan awak media terkait kegiatan dimaksud, berjalan cukup aman terkendali walaupun gerimis mengguyur wilayah Kedang dan sekitarnya. 

 

Hadir pada kegiatan tersebut adalah para GPAI sewilayah Omesuri dan Buyasuri berjumlah 14 guru, pengawas PAI pada Sekolah Moh. Rifai Aprianus Mukin, S. Ag, Ketua KKG Omesuri Lukman Bolo Awaq, A. Ma, Guru yang mewakili Kepala SDI Peuuma Ignas Ite Lamadike, sekaligus membuka kegiatan tersebut. 


Acara sederhana tersebut di pandu langsung oleh Sekretaris KKG Omesuri Habibi Ahmad, S. PdI, dengan beberapa sambutan. Sambutan di awali oleh ketua KKG Lukman bolo awaq, A. Ma, mengucapkan terimaksih kepada Kepala SDI Peuuma yang telah memberikan waktu dan kesempatan serta fasilitas dalam kegiatan ini.

 

Lanjut Lukman, penyusunan soal ini harus sesuai standar kisi kisi yang telah dikirim via whatsapp group KKG Kabupaten, olehnya di usahakan hari ini harus selesai, agar di serahkan kepada tiem revisi dan pengetikan untuk dijadikan master soal ujian nantinya.


Ignas Ite Lamadike, mewakili Kepala Sekolah dalam sambutan ia mengucapkan selamat datang GPAI Omesuri dan Buyasuri di tempat ini, apabila ada hal hal yang tidak berkenan selama kegiatan ini sebelumnya kami memohon maaf. 

 

Lanjut Ite sapa hari harinya, apabila ada yang membutuhkan fasilitas berupa laptop dan lainnya, boleh meminjam di sekolah ini. 

 

"Dengan memohon doa kepada Tuhan dan leluhur Leu Auq kegiatan penyusunan soal PAI ini, saya mewakili Kepala Sekolah saya buku dengan resmi."pungkas Ignas Ite Lamadike


Usai pembukaan pengawas PAI pada Sekolah, Rifai Mukin  menjelaskan teknis dasar penyusunan soal sesuai kaidah. 

 

"Terkait soal harus singkron dengan indikator kisi kisi, karena indikator adalah kompas penyusunan, begitupula penyebaran obsen pun demikian dengan ketentuan jumlah soal dibagi obsen sehingga masing masing menghasilkan obsen A berjumlah 16, obsen B berjumlah 13, obsen C berjumlah 11 dan obsen D berjumlah 10, agar soal berimbang, kualitas teruji dan layak terukur diujikan." tutup Rifai. 


(Sudarjo/Red)