Notification

×

Kepala Desa Leubatang Mewakili Kecamatan Omesuri dalam Pertemuan (P- TPBIS) di Jakarta Pusat

Rabu, 01 Maret 2023 | Maret 01, 2023 WIB

kepala_desa_leubatang_maulana_noreng
Kepala Desa Leubatang Maulana Noreng, S. Hut (Dok. Istimewah)

Jakarta, MatalineNews.com
-- Kepala Desa Leubatang Maulana Noreng, S. Hut mewakili Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur pada ajang sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (P- TPBIS) tahun 2023 di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta Pusat.


Kegiatan ini belangsung sejak tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2023 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 


Kegiatan yang di buka langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif B,  menghadirkan 425 Desa seluruh Indonesia. Dan Provinsi NTT mengutus 23 Desa yang 4 lainya berasal dari Kabupaten Lembata yakni Desa Leubatang Kecamatan Omesuri, Desa Pada Kecamatan Nubatukan, Desa Riabao Kecamatan Nagawutung, dan Desa Lamalera B Kecamatan Wulandoni. 


Program ( TPBIS) telah di gencarkan sejak tahun 2018, Kabupaten Lembata baru tahun ini memperoleh program perdana dengan 4 Desa yang tersebar pada 4 Kecamatan sebagai Desa contoh, yang nantinya mendapatkan pendampingan  selama dua tahun dari (Perpusnas) dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lembata.


Usai kegiatan tersebut akan dilakukan flowup berupa Bimtek bagi pengelolah (Perpusdes) yang terprogram pada bulan April tahun ini, yang bakal melibatkan tenaga teknis pengelolaan (Perpusdes). 


Kades Leubatang Maulana Noreng, S. Hut dalam wawancara via Whatsapp bersama awak media hari Selasa (28/02) berharap usai kegiatan ini ada Bimtek lanjutan Perpustakaan pojok paradigma Desa Leubatang harus ada inovasi baru yang di lakukan kaitannya dengan manejerial yang inklusi yang tidak ekslusif.


"Kedepannya Pemdes akan merancang program yang dapat mendukung (TPBIS) karena menurutnya Perpustakaan adalah gerbang pengetahuan." ujarnya


Ada tiga strategis' sambung Maulan' yang bakal dibangun yakni kualitas layanan Perpustakaan yang sasarannya adalah penataan (Perpusdes) meliputi penataan ruangan, taman serta koleksi buku- buku, kemudian pelibatan masyarakat dengan ragam aktifitas yakni literasi pendidikan, sosial keagamaan, budaya dan kesehatan. Begitu juga stretegi advokasi yang meliputi membangun kemitraan, lobi serta promosi.


Maulana juga menjelaskan bahwa kemitraan membangun kerja sama (Team Work) dengan lembaga swasta juga pemangku literasi, dalam membangun sinergitas (Perpusdes) Leubatang. Dengan adanya kegiatan ini, maka kedepannya (Perpusnas) akan memberikan bantuan untuk kelengkapan (Perpusdes). 


"Untuk Desa Leubatang tahun 2023 ini kami sementara melakukan penataan taman, yang juga nantinya di iringi dengan inovasi berlanjut untuk mendukung program (TPBIS) untuk menyongsong dan mempersiapkan generasi emas penerus Desa Leubatang 2045 mendatang." tutup Maulana. 


(Sudarjo/Red)