Notification

×

Pondok Ramadhan Akhiri dengan Penyerahan Zakat Infak dan Shadaqah

Minggu, 09 April 2023 | April 09, 2023 WIB
pesantren_radhan_mgpaii_lembata
Foto: Istimewah

MatalineNews.com, Lembata-- Kegiatan Pondok Ramadhan yang berlangsung selama 3 hari berahir hari ini, Sabtu 8/04/2023.

Kegiatan yang melibatkan siswa muslim sekabupaten Lembata dari berbagai tingkatan tersebut, mendapat respon positif atas seluruh postingan dan masyarakat, ummat setempat.
K
Adapun materi dan pemateri yang di sampaikan pada kegiatan tersebut adalah, Akidah dalam Kehidupan Sosial (Ahmad Heban, S. PdI), Thaharah Bersuci serta Simulasi Mandi Janabah (Salehudin Mahmud, S. PdI), dan (Fitria Arshad, S. PdI), Sekat Pergaulan Antara Laki dan Perempuan dalam Islam oleh (Sukur Sani Usman, S. PdI), Eksistensi Siswa Muslim pada Sekolah oleh (H. Muslakim Abd. Rauf, S. PdI), Adab Siswa Terhadap Guru, Orang Tua, Pemerintah, dan Alam Sekitarnya oleh (Aminah Lukman, S. PdI), Pembelajaran Tahsin Qura'an oleh (Ibrahim Jamin, S. PdI) dan Kreatifitas Siswa dalam mengolah potensi diri menuju Penghambaan Diri pada Tuhan oleh (Abdul Hadi, S. Ag).

Materi materi tersebut terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan. Uniknya materi mandi Janabah siswa SMPN 5 Omesuri, menjadi model untuk mempraktekan tatacara mandi janabah yang benar sesuai materi yang telah di dapatkan. 

Segala aktifitas di masjid Al- Jihad Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri di ambil alih secara total oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Lembata, baik ceramah Ramadhan, Khotib Jumad hingga imam sholat tarawih. Semuanya menjadi kontrol dan dijalankan oleh seluruh AGPAII. Begitupun acara di luar masjid seperti tadabur alampun di jalankan sesuai schedule yang telah di sepakti bersama. 

Acara penutupan di pandu oleh protokol Fildasari Siswa SMPN 5 Omesuri, dan juga tilawah oleh Melisa Yusuf. 

Idris Hereng, S. PdI dalam pesan kesan mewakili jamaah ia sampaikan bahwa kehadiran AGPAII Kabupaten Lembata ini menjadi tamu istimewa bagi kami, karena telah mengisi kegiatan Ramadhan dan juga lebih akrab lagi antar sesama.

Lanjut Ia ini kegitan bukan berakhir di sini, namun Al- Jihad selalu menanti kehadiran AGPAII di tahun tahun mendatang. 

Begitupun Abdullah Arshad Raha, S. Pd selaku Badan Pengurus Masjid (BPM) Al-Jihad Walangsawa dalam sambutannya Ia sampaikan bahwa keakraban sudah mulai tumbuh, dan silaturahmi mulai terikat, karena kami di rumah buka puasa dan sahur bersama peserta dan pendamping pondok Ramadhan, kemudian datang di masjid pun bersama sama, hal ini sungguh sesuatu yang luarbiasa.

"Permohonan maaf mewakili ummat, bila pelayanan kurang maksimal selama kegiatan berlangsung, semoga besok dalam perjalanan selalu mendapat keselamatan hingga sampai dirumah bertemu keluarga." tutup Arshad. 

Ketua AGPAII Lembata Abdul Hadi, S. Ag dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada panitia lokal dan juga tuan rumah yang telah melayani kami dengan baik. Semoga segala jeripayah selalu mendapat ganjaran oleh Allah SWT. 

Usai acara ditutup oleh ketua AGPAII, sekaligus Ketua menyalurkan zakat infaq dan Shadaqah yang terkumpul oleh seluruh Guru PAI baik honor, P3K, PNS, PNS/Sertifikasi kepada Iman Masjid Al- Jihad Walangsawa sebesar Rp. 3.000.000. 

Kedua masjid terdekat pun mendapat kebagian zakat infak shadaqah dari AGPAII Lembata yakni Masjid Ar- Rahman dan Masjid Mutiara Leubatang masing-masing mendapatkan porsi Rp. 500.000. 

Acara berlangsung sesuai waktu yang terus berjalan hingga esok harinya ditutup dengan Kultum Subuh oleh penceramah Moh. Rifai Aprianus Mukin, S. Ag.

(Sudarjo/Red)