Notification

×

Milad Barokah Pemuda Muhammadyah ke 91 Tahun

Rabu, 03 Mei 2023 | Mei 03, 2023 WIB

pemuda_muhammadiyah_lembata
Foto: Ketua PDPM Kabupaten Lembata (Muhammad Rifai Kasim, S.Km)

MATALINENEWS.COM-
Sebagai salah satu organisasi otonom tertua di lingkungan Muhammadiyah, bahkan di Indonesia,  Pemuda Muhammadiyah hadir sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah.


Seperti diketahui, Hari Lahir Pemuda Muhammadiyah diperingati setiap tanggal 2 Mei. Pemuda Muhammadiyah lahir dengan semangat yang sama dengan berdirinya Muhammadiyah, yaitu semangat untuk membangun generasi yang tangguh untuk masa mendatang. Kita sebagai Pemuda Muhammadiyah juga wajib melakukan refleksi rasa syukur di hari lahir Pemuda Muhammadiyah ini. Rasa syukur yang diiringi do’a, betapa Allah masih percaya untuk menitipkan Muhammadiyah sebagai organisasi yang terdepan dalam mengatasi persolaan sosial dan kemanusiaan di tanah air ini, salah satu elemen penting bangsa, kiprah dan kontribusi Pemuda Muhammadiyah sangatlah penting.


Pemuda Muhammadiyah sejak kelahirannya  telah mengisi detak nadi sejarahnya mengiringi perjuangan bangsa Indonesia. Umur 91 Tahun dan menjelang satu abad, kontribusi Pemuda Muhammadiyah cukuplah besar bagi umat dan bangsa Indonesia. 


sampai dengan detik ini Dunia masih mengalami kekakuan berpikir ideologi-keagamaan. Wujudnya adalah monopoli kebenaran, intoleransi, kekerasan, dan ketika dituangkan dalam kebijakan negara, kekakuan itu menghasilkan pelanggaran hak asasi manusia. Sebagai kaum pembaharu, pemuda Muhammadiyah telah ikut berperan dalam gerakan sosial dan keilmuwan. Kini, pemuda harus lebih berjibaku melalui pembaharuan kaidah-kaidah Islam berkemajuan yang sejalan dengan hukum internasional hak-hak asasi manusia. Dengan dasar itulah pemuda akan lebih kokoh menunaikan amar ma'ruf nahi mungkar. 


Pemuda Muhammadiyah harus terus konsisten menjaga marwah dan api pergerakan Muhammadiyah dalam memperkuat solidaritas sosial dan menjadi tumpuan untuk melakukan perubahan secara kongkret di masyarakat dan harus terus melahirkan energi Baru dan terus mengambil peran penting dalam memanfaatkan bonus demografi tersebut melalui program-program aksinya yang lebih kontekstual dan Elegan.


saya mengajak para pemuda muslim untuk terus menggembirakan dakwah dan berdakwah dengan gembira. Islam harus menjadi penyejuk di tengah segala kepenatan zaman.


Pemuda Muhammadiyah harus berada di garda terdepan untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar dengan prinsip dakwah bil hikmah (dakwah dengan kebijaksanaan) dan mau’idzotul hasanah (contoh teladan yang baik), sesuai dengan prinsip-prinsip Muhammadiyah.


saya mengajak seluruh elemen Muhammadiyah untuk kembali kepada khittah Muhammadiyah serta memastikan terimplementasinya spirit Islam Berkemajuan demi terwujudnya baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.


Semoga kita semua selalu dalam Lindungan yang Maha Kuasa.


Penulis: Ketua PDPM Kabupaten Lembata Muhammad Rifai Kasim, S.Km