Notification

×

Dua Pentolan Akademik Muhammadiyah, Safari Pendidikan di Bumi Uyelewun Kabupaten Lembata

Sabtu, 10 Juni 2023 | Juni 10, 2023 WIB

rektor_muhammadiyah_maumere

MATALINENEWS.COM, LEMBATA- 
Bumi Uyelewun dalam hal ini Kecamatan Omesuri dan Buyasuri Kabupaten Lembata, mendapat kado istimewa berupa kunjungan Rektor Institut Keguruan Ilmu Pendidikan ( IKIP) Muhammadiyah Maumere ( Erwin Prasetyo, S.T, M. Pd) dan Direktur Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang ( Prof. Akhsanul In'am, Ph.D) di Desa Walangsawa Kecamatan Omesuri dan Desa Atu'wa'lupang, Umaleu Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata tepat hari Jumad 09/06/2023 di beberapa simpul kunjungan. 


Safari yang di lakukan oleh dua pentolan akademik Muhammadiyah tersebut, membawa angin segar untuk masyarakat Lembata pada umumnya dan terkhusus wilayah Uyelewun. 


Kunjungan di maksud untuk memberikan gambaran khusus, kepada masyarakat terkait menempuh pendidikan, dengan perolehan beasiswa baik di S1 di IKIP Muhammadiyah Maumere maupun Magister pada Universitas Muhammadiyah Malang yang terbilang murah, untuk putra dan putri Lembata. 


Pertemuan awal di lakukan di Desa Walangsawa, yang di awali dengan kunjungan ke lokasi pembangunan SMK Muhammadiyah Omesuri di Dukeq Tamal Walangsawa, yang di barengi dengan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), serta calon magister oleh Rektor dan Direktur, sekaligus sosialisasi Ekowisata Desa oleh Camat Omesuri Ade Hasan Yusup, S.P, di kantor Desa Walangsawa. Kegiatan di maksud di hadir oleh calon mahasiswa dan calon magister serta seluruh kepala Desa Se Kecamatan Omesuri. Usai sosialisasi, Rektor dan Direktur sholat Jumad bersama di masjid Aljihad Walangsawa. 


Tepat pukul 15.00 waktu setempat, kunjungan kembali terjadi pada pondok pesantren Manahil Al-irfan Atu'wa'lupang Kecamatan Buyasuri. Kegiatan yang sama ini, di Terima langsung oleh pimpinan pondok H. Muhamad H. Mahmud, L.c di halaman pondok Desa tersebut. Kegiatan ini di padati oleh santriwan dan santriwati, Komite Pondok serta orang tua wali serta undangan lainnya. Kegiatan kunjungan tersebut berakhir dengan teken nota kesepahaman (MoU), oleh pihak pondok dan IKIP Maumere, di disaksikan oleh Direktur dan undangan sekalian. Pada kesempatan tersebut pimpinan pondok menyerahkan tujuh santri tamatan MA pondok untuk melanjutkan kuliah melalui jalur beasiswa hafiz Qura'n 10 juz. 


Kegiatan tidak berakhir di bumi zikir tersebut, namun berlanjut menuju Desa Umaleu Kecamatan Buyasuri, tepat di masjid Al-markas Leuwutung. Dalam kunjungan tersebut Rektor serta Direktur di Terima oleh ummat, Remas, pimpinan cabang Muhammadiyah Kecamatan Buyasuri, Camat dan Kapolsek Buyasuri.


Dalam sambutan awal oleh ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah ( PCM) Buyasuri H. Muslakim Abdul Rauf, S. PdI, menyampaikan apresiasi yang mendalam atas kunjungan ini, Buyasuri merindukan momentum ini ungkap Muslakim, Lanjut Ia bahwa selama ini kunjungan Muhammadiyah hanya di Omesuri, sehingga kehadiran rombongan adalah menjadi kunjungan perdana di tempat ini, semoga tidak berakhir hari ini, tetapi berlanjut terus di masa masa mendatang tutup Muslakim. 


Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere Erwin Prasetyo menyampaikan Terima kasih banyak atas segala persiapan, semoga saja bentuk kehadiran ini, mampu menggerakan hati seluruh ummat untuk bisa menitipkan putra putri di IKIP Muhammadiyah Maumere ungkap Erwin, beasiswa kami berikan seluas luasnya, baik melaui KIP, Rekomendasi tidak mampu dari Desa, jalur hafiz Quran ucapnya, lanjut Erwin siapapun boleh kuliah disana, melalui beasiswa di maksud, bila jalur beasiswa dengan kriteria di atas tidak ada satupun di punyai, maka boleh membayar penuh dengan sistem cicil hingga enam tahun, dengan perbulan  tiga ratusan ribu tutup Erwin. 


Camat Buyasuri L. Charles, S.H, dalam sambuatannya siap mempromosikan IKIP Muhammadiyah Maumere, bagi lulusan SMA dan Magister bagi yang telah menyelesaikan S1 di Kecamatan Buyasuri ungkap Charles. Lanjut Ia Saya titip amanah kepada Rektor bahwa tahun ini tolong kitim mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere untuk Kuliah Kerja Nyata ( KKN) di Buyasuri, kehadiran mahasiswa KKN akan memberi dampak animo masyarakat Buyasuri untuk kuliah disana, ini adalah salah satu upaya promosi kampus tutup Charles. 


Acara berakhir dengan makan malam di rumah sekertaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Buyasuri Ismail Lolonrian, S.Pd, kemudian lanjut perjalanan rombongan menuju Ibukota Kabupaten.

 

(Sudarjo/Red)