Notification

×

Louncing S2 Sosiologi, Rektor UMK: Biaya SPP S2 di UMK Bisa di Cicil

Senin, 12 Juni 2023 | Juni 12, 2023 WIB

universitas_muhammadiyah_kupang
Foto: Rektor UMK Prof. Dr. Zainur Wula, S.Pd.,M.Si Melakukan Pengguntingan Pita dan Louncing Pascaserjana Sosiologi (Dok. FTR/MatalineNews)

MATALINENEWS.COM, KUPANG
-  Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang dibawah kepimpinan rektor  Prof. Dr. Zainur Wula, S.Pd.,M.Si terus melakukan terobosan baru. Selain pembenahan terhadap infrastruktur juga pembenahan terhadap Suber Daya Manusia (SDM) bagi para dosen maupun mahasiswa.


Diantara deretan prestasi yang diperoleh selama ini, ternyata perdana dalam sejarah Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) louncing S2 Sosiologi sekaligus peresmian gedung baru di Aula Utama Universitas Muhammadiyah Kupang pada, Senin 12/06/2023.


Kepada media ini, Rektor UMK Prof. Dr. Zainur Wula, S.Pd.,M.Si menyampaikan bahwa launching hari ini merupakan salah satu bentuk pengumuman resmi dari Universitas Muhammadiyah Kupang bahwa Universitas Muhammadiyah Kupang telah  memiliki izin operasional program studi Sosiologi S2 dan pendaftarannya dimulai sekarang tahun akademik barunya dimulai 2023/ 2024.


Ia juga menyebutkan bahwa proses pendaftaran sedang berjalan dan kita memiliki sumber daya manusia yang sangat kompeten dan kompetitif di bidang sosiologi.


Program studi memang sosiologi namun konsentrasinya sesuai dengan tesis atau bidang ilmu yang diminati, seperti sosiologi birokrasi pemerintahan dan politik, sosiologi pekerjaan social, sosiologi pendidikan,  sosiologi agama dan budaya, sosiologi hukum dan sosiologi gender.


Berkaitan dengan SDM, rektor dua periode ini menjelaskan bahwa salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan SDM adalah kami mengirim atau menyekolahkan para dosen dilingkungan kampus UMK khususnya Doktor di prodi sosiologi


“Kita mendorong agar jabatan fungsional  tidak hanya di lektor kepala tapi harus guru besar. Targetnya beberapa tahun lagi kita harus punya dan sebagai Rektor terus mendorong dan yang paling utama di suatu perguruan tinggi itu pertama SDM yang menyangkut kualifikasi S2 dan S3 sesuai dengan prodi masing- masing, kedua adalah jabatan fungsional dosen.” Jelasnya.


Berkaitan dengan fasilitas, Rektor mengungkapkan bawa kita akan segera membangun gedung pascasarjana, kita masih tetap membangun sampai pada posisi yang ideal yang proporsional,  selain sesuai dengan ketentuan- ketentuan akreditasi juga kebutuhan pascasarjana. 


Namun, sambung dia, saat ini kita sedang menyekolahkan para dosen. Ada 8 doktor di tahun 2025 mereka sudah menyelesaikan sekolah S3 ilmu ekonomi di bidang akuntansi dan juga bidang manajemen, kita juga berharap berapa tahun kedepan sudah ada Doktor di bidang hukum juga ilmu pendidikan.


Selain fasilitas, pembiayaan pascasarjana sosiologi saat ini juga mudah dijangkau karena biaya yang cukup murah, dan menariknya pembayaran SPP di UMK juga bisa dicicil dua kali satu semester. Namun  bukan karena biayanya kecil lalu mengabaikan kualitas


“kedepannya walau biayanya kompetitif tapi kualitasnya lebih di atas kompetitif.” ujarnya 


Ia berharap dengan adanya prodi sosiologi dengan system pembayaran dua kali ini bisa memberi peluang  kepada seluruh masyarakat NTT agar bisa mengikuti kuliah disini.


(Fathur)