Notification

×

Kepala Desa Walangswa Pembina Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Jumat, 02 Juni 2023 | Juni 02, 2023 WIB

desa_walangsawa_lembata
Foto: Istimewah

Matalinenew,Lembata
- Peringatan hari lahirnya pancasila 1 Juni 1945, hari ini di lakukan serentak di seluruh wilayah NKRI. 


Tak ketinggalan di pelosok Lembata Nusa Tenggara Timur, tepatnya Sekolah Dasar Negeri Leuwalang menyelenggarakan kegiatan memperingati hari lahir pancasila 1 Juni 2023 di halaman sekolah tersebut. 


Pantauan awak media pada hari Kamis, 01/06/2023 nampak elegant para undangan dan siswa, karena menggunakan kostum budaya berupa Kebaya dan Kwatek/ Nowing (Sarung Adat) setempat bagi perempuan, sedangkan yang lelaki menggunakan baju putih polos, dan di baluti oleh kain sarung adat, serta seledang melingkar di leher serta "Peba' Meba" (hiasan kepala Lelaki) yang terbuat dari anyaman daun lontar muda. 


Acara berlangsung pagi tepat pukul 08.00 waktu setempat, yang bertindak sebagai Pembina upacara adalah (Abdullah Oro) Kepala Desa Walangsawa, Pemimpin upacara oleh (Yogi) siswa kelas VI SDN Leuwalang, Pembawa acara oleh (Aurelia Edel Eri, S. Pd) pembaca UUD 1945 oleh (Benedikta Bota, S. Ag) dan Pembawa Doa adalah ( Sudarjo Abd. Hamid, S. Pdi),  yang penyelenggaraan kegiatannya oleh para guru dan siswa sekolah tersebut. 


Acara tersebut di hadiri oleh Dua Kepala Desa dan masing masing aparat Desa yakni (Abdullah Oro) Kepala Desa Walangsawa dan (Bruno Boli S. Pd) Kepala Desa Peusawa, dan juga Kepala SDN Leuwalang, (Abdullah Arshad Raha, S. Pd) bersama siswa dan guru, Kepala SDI Walangsawa (Petrus Boli, S. Pd) bersama siswa dan guru, Kepala SMPN 5 Omesuri ( Veronika Pnate, S. Pd) bersama guru. 


Petikan sambutan dibacakan oleh Kepala Desa, Walangsawa (Abdullah Oro), ia menyampaikan bahwa Pancasila sebagai idelogi dasar negara Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memelihara keutuhan negara kita. Hari lahir Pancasila adalah saat yang tepat bagi kita untuk merefleksikan makna dan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. 


(Sudarjo/Red)