Notification

×

Ketua Umum IMM Kota Kupang: Himbau Kepada Seluruh Mahasiswa Kota Kupang untuk Tidak Terlibat dalam Gerakan Papua Merdeka

Selasa, 20 Juni 2023 | Juni 20, 2023 WIB

pc_imm_kota_kupang
Foto: Ketua PC IMM Kota Kupang Cakti Flobamorrinci Arufura Kirie

MATALINENEWS.COM, KUPANG -- Himbau kepada semua masyarakat, mahasiswa dan pemuda untuk tidak terlibat  dukungan terhadap gerakan Papua Merdeka. 


Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Kupang Cakti Flobamorrinci Arufura Kirie kepada media ini pada Selasa (20/06)


"Indonesia sedang berusaha membangun keutuhan dan persatuan sebagai negara yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam semangat keadilan, cinta tanah air, dan kesatuan bangsa, marilah kita menjaga integritas dan kedaulatan NKRI dengan sepenuh hati."ujar Cakti


Cakti juga menjelaskan bahwa alasan kenapa menolak dukungan terhadap gerakan Papua Merdeka


Pertama, kedaulatan dan keutuhan NKRI. Papua adalah bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dukungan terhadap gerakan Papua Merdeka dapat mengancam kedaulatan negara dan merusak keutuhan bangsa. Mari kita jaga kebersamaan dan bersama-sama membangun Indonesia yang lebih kuat.


Kedua, penyelesaian masalah melalui dialog. Konflik dan ketegangan di Papua memerlukan pendekatan yang bijaksana dan penyelesaian melalui dialog yang konstruktif. Dengan terlibat dalam gerakan Papua Merdeka, kita hanya memperburuk situasi dan mempersulit pencarian solusi yang berkelanjutan.


Ketiga, keberagaman sebagai kekuatan. Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya, suku, agama, dan bahasa. Keberagaman ini menjadi kekuatan yang memperkaya bangsa ini. Dengan menjaga persatuan dan menolak dukungan terhadap gerakan Papua Merdeka, kita memperkuat keberagaman sebagai modal kemajuan dan kesuksesan bangsa.


Keempat, kesejahteraan dan pembangunan di Papua. Membangun Papua sebagai bagian integral Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan berfokus pada pembangunan, kesejahteraan, dan pemberdayaan masyarakat Papua, kita dapat menciptakan kondisi yang lebih baik bagi seluruh rakyat Papua. Dukungan terhadap gerakan Papua Merdeka tidak akan membawa manfaat nyata bagi perkembangan dan kesejahteraan Papua.


Kelima, harga diri sebagai bangsa. Menjaga keutuhan dan integritas NKRI adalah membela harga diri kita sebagai bangsa. Kita harus menjunjung tinggi semangat persatuan, menjaga persaudaraan antarsuku, dan membangun negara yang adil dan sejahtera bagi semua warganya.


Peria kelahiran Kerinci ini juga mengajak agar tetap teguh pada prinsip-prinsip persatuan, keadilan, dan cinta tanah air. Mari kita tingkatkan pemahaman, dialog, dan kerja sama dalam mencapai kemajuan bersama sebagai bangsa Indonesia. Bersama-sama, kita bisa menghadapi tantangan dan meraih masa depan yang lebih baik.


"Untuk pemerintah Republik Indonesia agar terus memberikan pemahaman untuk forum- forum internasional bahwa Papua adalah bagian dari keragaman NKRI, sehingga negara- negara yang tidak memahami esensi dari pada Pancasila bisa menerima dan tidak ikut serta merta mendukung gerakan yang bertentangan nilai dari Pancasila. Kami juga berharap agar pemerintah Indonesia bisa terus melakukan dialog yang konstruktif terhadap pihak terkait secara intens dan masif." Tutup Ketua PC IMM Kota Kupang Cakti Flobamorrinci Arufura Kirie


(Red)