Notification

×

Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Flores Gelar UKS

Sabtu, 15 Juli 2023 | Juli 15, 2023 WIB
universitas_flores_ende
Foto: kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Mahasiswa Unflor program studi PGSD melakukan kegiatan UKS di SD Negeri Watubara, Dusun Watubara, Desa Mukusaki, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende (Dok.  Istimewah)

MATALINENEWS, ENDE – Dalam kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah(UKS) Mahasiswa/I Unflor terlebih khusus program studi PGSD melakukan kegiatan UKS di SD Negeri Watubara, Dusun Watubara, Desa Mukusaki, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende pada tanggal 17 Juni 2023, guna untuk memberikan pelajaran sekaligus contoh bagimana cara hidup sehat, baik sehat secara personal maupun lingkungan sekitar terutama lingkungan sekolah dengan mengangkat tema ”Untuk Mewujudkan Anak Sekolah Dasar Sehat, Ceria dan Perstasi”

 

Sambutan pembukaan yang di sampaikan oleh Kepala SDN Watubara, Bapak Kaharuddin menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Lembaga Universitas Flores yang telah melaksanakan program UKS ini yang sebagaimana mestinya kami di pedesaan kurang memahami begitu bergunanya UKS untuk lingkungan warga sekolah dan sekitarnya, kami rasa syukur dan terima kasih dengan adanya kegiatan UKS ini juga menyadarkan kami semua bukan hanya kepada murid – murid tetapi juga kepada kami sebagai tenaga pendidik di lembaga ini dan bermanfaat juga untuk masyarakat sekitar kami terlebih khusus masyarakat Dusun Watubara. Beliu juga menyampaikan harapan besarnya akan membawa dampak baik untk SDN Watubara.

 

Dalam kegiatan UKS diikuti oleh peserta kelas IV dan V yang berjumlah sebanyak 27 orang, ini di maksudkan agar apa yang di sampaikan serta praktik langsung dapat dengan mudah dan di tiru oleh siswa/i yang ada di SDN Watubara, sehingga apa yg di dapatkan di sekolah dapat mereka terapkan di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Serta mau menyadarkan mereka bahwa begitu penting lingkungan yang bersih dan sehat sehingga mampu mendongkrak Sumber Daya Manusia yang ada di Dusun Watubara tersebut.
Dalam sambutan ketua panitia Wilda Nuriyah sebagai penanggungjawab kegiatan UKS, menyampaikan bahwa harapan besar dan tujuan besar dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan yg sehat bagi warga sekolah, sehingga akan berpengaruh terhadap keharmonisan lingkungan dan prestasi akademik siswa di sekolah. Lebih lanjut ketua panitia menegaskan bahwa semoga apa yang di pelajari hari ini dapat di pertahankan dan mampu mewujudkan lingkungan sekolah dasar yang sehat, ceria dan prestasi. Serta sasaran utamanya adalah sekolah dasar di karenakan anak dalam taraf pertumbuhan dan perkembangan masih mudah di bina dan di bimbing.

unflor_ende
Foto: Istimewah

Ada berbagai macam kegiatan yang di lakukan oleh mahasiwa/i Unflor dalam kegiatan UKS kali ini adalah mengukur tinggi badan, ajak untuk bernyanyi bersama, mengukur berat badan, serta cara mecuci tangan yg baik dan benar serta menjaga pola makan sehat. Lebih lanjut di jelaskan oleh salah satu narasumber saudari Yuliana Lawan bahwa kegiatan ini juga di dasarkan oleh materi-materi terkait bagimana cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah serta diri sendiri dan cara memilih makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi , karena ini penting untuk di sampaikan sebab anak usia sekolah dasar masih rentan terhadap kesehatan sehingga perlu untuk menjaga lingkungan sekolah sehingga mereka bisa tumbuh dan prestasi sesuai dengan yang di harapkan dan harapan besar kami juga bahwa orang tua wali murid juga ikut andil dalam mengawasi kesehatan serta perkembangan anak usia dini, tutupnya.

 

Rasa syukur dan terima kasih juga di sampaikan oleh Dosen Pembimbing Bapak Aschari Senjahar Rawe,SE.,M.Pd.,AIFO atas sambuatn hangat dari warga dusun Watubara dalam penyambutan mahasiswa/i Unflor untk melakukan kegiatan UKS tersebut sehingga kegiatan yang sudah di rancang dan di rencanakan berjalan dengan lancar. Beliau juga menyampaikan bahwa apa yang sudah di dapatkan oleh SDN Watubara dapat menular ke sekolah-sekolah lain dan juga ke dusun – dusun yang lain yang berada di sekitar Desa Mukusaki. 


(**/Tim)