Notification

×

Yayasan IBM Melakukan Qurban Pedalaman Kabupaten Lembata

Selasa, 04 Juli 2023 | Juli 04, 2023 WIB

yayasan_insan_bumi_mandiri_qurban_di_lembata
Foto: Yayasan Insan Bumi Mandiri Berkurban Idul Adha di Desa Leubatang Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata

MATALINENEWS.COM, LEMBATA- Yayasan Insan Bumi Mandiri (IBM) menetapkan Desa Leubatang Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata, sebagai lokus kegiatan penybelihan hewan Qurban berupa kambing dan sapi yang akan di salurkan pada tempat tempat yang telah di tetapkan. 


Hasil survei relawan daerah, Leubatang menjadi tempat paling strategis untuk melakukan penyembelihan, karena dukungan masyarakat pemerintah dan antusias ummat yang cukup baik, sehingga tempat ini menjadi target penyembelihan amanah para donatur. 


Kegiatan yang di namai Qurban Pedalaman Lembata tersebut menjadi spirit khusus para ummat dan panitia, karena pendiri yayasan (IBM) dr. Pamungkas Hendra Kusuma berkesempatan hadir menyaksikan proses di lapangan, dan menjadi khotib idul adha di Masjid "Ili Olong E'a Laleng" sebutan lain sebutan lain masjid Mutiara Leubatang yang melegenda hingga hari ini.


Kehadiran beliau ingin menyaksikan langsung kegiatan, dan akan menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan pada tahun tahun berikutnya. 


Usai menyaksikan penyembelihan hewan qurban secara simbolis, ia bersama rombongan menuju Desa Kaohua dan Desa Leuburi Kecamatan Buyasuri melihat langsung proses pembangunan masjid di dua tempat tersebut. Usai dari kegiatan tersebut beliau dan sesorang relawan bertolak dari Lembata menuju pulau Kangge Kabupaten Alor, dengan kegiatan yang sama. 


Kegiatan penyembelihan yang di lakukan usai sholat  Idul Adha tersebut, tepatnya tanggal 29 Juni hingga 02 Juli 2023. Sementara ratusan ekor kambing telah di datangkan satu hari sebelumnya. 


Kambing kambing tersebut di kumpulkan di halaman masjid, di sortir kelayakannya kemudian di tetapkan menjadi kambing Qurban. Kerja sama yang baik di tunjukan oleh panitia, relawan pusat dan daerah, dari pendataan, eksekusi hingga distribusi, menjadi tanggungjawab penuh, sehingga benar benar rapi terselenggara hingga usai dari target. 


Kegiatan tersebut di hadiri oleh utusan pemerintah Desa setempat, Badan Pengurus Masjid, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh ummat di Desa tersebut turut ambil bagian pada hajatan sosial di maksud. Usai penyembelihan  di maksud masing masing masjid, madrasah TPQ hadir di tempat penyembelihan untuk menjemput hewan qurban yang menyebar berbagai tempat di Lembata. 


Target awal adalah 500 ekor untuk tahun ini, namun hingga hari akhir hari tasyrik hanya bisa didapatkan 284 ekor kambing dan satu sapi. Dari jumlah tersebut penyalurannya menyebar dari di kecamatan Omesuri dan Buyasuri serta Ile Ape Kabupaten Lembata. 


Sukur Sani Usman, S. PdI selaku relawan IBM daerah Lembata, menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia lokal dan ummat mutiara, atas kerja sama yang baik dalam hajatan ini.


Sukur berharap Qurban ini berkah saat diberikan dan bermanfaat bagi warga masyarakat Lembata dan terkhusus warga masyarakat kedang. 


"Semoga tahun mendatang lebih banyak lagi kuotanya, dan ketersediaan hewan baik di Kedang maupun Ile Ape dapat memenuhi harapan."pungkas Syukur. 


(Darjo)