Notification

×

Desa Blang Merang Berhasil Meraih Juara 1 Nasional Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2023 untuk Regional IV

Rabu, 16 Agustus 2023 | Agustus 16, 2023 WIB

desa_blang_merang
Foto: Istimewah
MATALINENEWS, KUPANG - Kepala Desa Blang Merang (Abdul Rasyid Mangkop) merasa bangga karena mendapatkan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Penghargaan diberikan atas prestasi dan keberhasilannya dalam membina desa dan kelurahan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sehingga melahirkan desa berprestasi ditingkat nasional

Untuk Regional IV, Desa Blang Merang Kecamatan Pantar Barat Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur berhasil meraih Juara 1 (satu).

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 yang diterima oleh Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi NTT Hendry Donald Izaac mewakili Gubernur NTT, diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, di Hotel Discovery, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa 15 Agustus 2023 lalu.

Kepada media ini, Kepala Desa Blang Merang Abdul Rasyid Mangkop menyampaikan bahwa penghargaan yang diperoleh merupakan wujud dari kerjasama semua pihak, baik pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan para pemuda.

Dirinya tidak menyangka kerjasama selama ini dalam membangun mendapatkan penghargaan ditingkat Nasional

"Saya menyampaikan terima kasih kepada, pemerintah provinsi NTT, pemerintah daerah Kabupaten Alor, kecamatan Pantar Barat dan terkhusus kepada masyarakat Desa Blang Merang atas atensinya sehingga mampu meraih penghargaan ini" ungkap Rasyid

Dia juga berharap agar kolaborasi semua pihak yang selama ini tetap dijaga, dan terus berusaha agar kedepan prestasi tetap kita gapai.

"Saya juga berharap kedepan semoga lomba desa adalah agenda rutin tahunan sesuai amanat undang- undang sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) wajib menganggarkan dalam RAPBD." Pungkas Kepala Desa Blang Merang Abdul Rasyid Mangkop kepada media matalinenewa.com (16/08).

Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2023 merupakan wujud apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan sekaligus sarana penyebarluasan informasi mengenai keberhasilan, inovasi dan Praktek cerdas dalam memajukan desa dan keluaran.

Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian mengapresiasi kepala daerah sebagai pembina desa dan kelurahan yang telah menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023.

Upakarya Wanua Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional.

(Fathur)