Notification

×

Tujuh Sekolah Memperingati Hari Pramuka di Pantai Selatan Omesuri Lembata

Selasa, 15 Agustus 2023 | Agustus 15, 2023 WIB

upacara_hari_pramuka_di_lembata

MATALINENEWS, LEMBATA-  Rutinitas Agustus begitu gebyar di lakukan, selain perlombaan menyongsong (HUT RI), namun juga hari Pramuka yang hampir terlupa, masih di galang dan di peringati di seluruh Nusantara, termasuk wilayah pesisir kecamatan Omesuri kabupaten Lembata NTT. 


Kegiatan yang di kemas begitu apik dan berkesan alami itu, menjadi simpul awal didikan dan perkenalan, namun lebih pada unsur penanaman nilai nilai pancasila dan budaya terus di rintis secara rutin setiap tempat dan menjadi kebanggaan para generasi pelanjut estafet pembangunan jangka panjang mendatang. 


Wilayah pesisir pantai selatan Omesuri yang meliputi desa Nilanapo dan desa Wowong tersebut, melalui berapa Kepala Sekolah/ Kepala Madrasah se Wilayah pantai selatan, menyepakati dan menyelengggarakan kegiatan bumi perkemahan yang terpusat di desa Nilanapo kecamatan Omesuri Lembata, tepat di lapangan bola kaki Olipalanu Atanila sejak Sabtu tanggal 12 hingga 14 Agustus 2023 selama tiga hari berjalan. 


Kegiatan yang di beri nama perkemahan  menyongsong HUT Pramuka ke 62 tingkat SD/MI dan SMP/MTs, Sepesisir Pantai Selatan desa Nilanapo kecamatan Omesuri i melibatkan tujuh sekolah yakni SDK Atanila, SDN Wowong, SDI Hule, MIS Atanila, SMP Satap 03 Hule, SMP 04 Omesuri dan juga MTs. An-Nur Wowong meangkat "Dengan semangat pramuka, kita bentuk sumber daya manusia yang profesional dan proporsional". 


Kegiatan ini di hadiri oleh kepala desa Nilanapo dan Wowong, seluruh kepala dusun dua desa, para guru, pembina pramuka, tenaga medis kedua desa, linmas serta kepala sekolah SDK Atanila Geradus Boli, S.Pd,Gr, Kepala SDN Wowong Habibi Ahmad, S.PdI, Kepala SDI Hule Yohanes Hida, S. Pd, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Atanila Kirman Laleng, Kepala SMPN 03 Omesuri Satap Hule Burhan Baran, S.Pd, Kepala Madrasah Tsanawiyah An-nur Wowong Jubir Latif Leki, S. Pd, Kepala Sekolah SMPN 04 Omesuri Kornelis Kara, S.Pd


Selama tiga hari tersebut, oleh panitia pelaksana mengemas kegiatan berupa pentas seni dan budaya, baris berbaris Pramuka, serta bakti sosial sekitar area kemah. 


Kepada media MatalineNews, ketua panitia Geradus Boli, S.Pd Gr menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang trening, mengasah intelektual dan menggali potensi siswa untuk bisa mendalalami dan mengaktualisasikhhan profil pancasila ( P5) sebagai salah satu komponen modul ajar setiap pembenaran masing- masing kelas pada satuan pendidikan.


Ia berharap perkemahan ini akan menjadi rutinitas tahunan untuk mengasah kerja sama, mandiri, patriotik, serta tanggungjawab.


"Kedua desa melalui masing masing Kades bersepakat akan hal ini menjadi program tahunan secara kontinyu dilakukan kemudian tempat kegiatan akan di gulirkan."pungkas Geradus


Kegiatan awal dari bangunan kemah hingga aktifitas pramuka seperti pembagian kelompok diskusi dan aksi sosial, serta api unggun di jalankan penuh gembira ria peserta pramuka, hingga puncak apel memperingati hari pramuka pada tanggal 14 Agustus 2023. Awal mula rencana camat Omesuri Ade Hasan Yusuf, S.P yang menjadi pembina namun karena padatnya kegiatan di kecamatan, sehingga kepala desa Wowong Jubir Latif Leki, S. Pd bertindak menjadi pembina upacara hari pramuka di maksud. 


(Darjo/Red)