Notification

×

Usai Upacara HUT RI 78, Camat Omesuri Pimpin Masyarakat Tabur Bunga kepada Syuhada Bangsa

Jumat, 18 Agustus 2023 | Agustus 18, 2023 WIB

ade_hasan_yusup
Foto: Upacara memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 tingkat Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata

MATALINENEWS, LEMBATA- Camat Omesuri Ade Hasan Yusu sebagai inspektur upacara memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 tingkat Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata lokus kegiatannya di area Reklamasi Desa Balauring pada Kamis, 17/08/2023.


Kegiatan yang di jalankan penuh khidmat dan persaudaraan dengan spirit  tema Nasional "Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju". 


Petugas perwira upacara oleh Serda Yulius Ediman, anggota koramil 162404 Lembata Timur, Komandan Upacara oleh Serda Salahudin, pembacaan teks proklamasi oleh Marthinus Meang Odel, Ketua BPD desa Mahal I, Pembaca Doa oleh Jufri Hamid Enga, S.Hi Kepala KUA Kecamatan Omesuri, paduan suara oleh siswa SMPN I Omesuri dan petugas bendera oleh siswa SMAN I Omesuri. 


Kegiatan tersebut di hadiri oleh ketua MUI Kecamatan Omesuri, para pensiunan, seluruh Kades dan BPD se-Omesuri, para Kepala sekolah serta guru, Panwas Pemilu, Danramil 162404, Kapolsek Omesuri, Petugas Syahbandar, Ketua Darma wanita, para siswa siswi se Desa Balauring, insan pers, petugas Bank NTT maupun BRI serta undangan lainnya. 


Dalam amanat upacara, Camat Omesuri selaku inspektur upacara menyampaikan teks pidato Pj Bupati Lembata Drs. Matheos Tan, M.M bahwa kabupaten Lembata pada beberapa pencapaian yang telah di raih pada tahun 2022 yakni rekontruksi jalan dengan mengacu pada SK jalan Kabupaten Nomor : 259 tahun 2017 terdiri dari 22 paket penanganan jalan Kabupaten, sehingga tahun 2022 panjang jalan dalam kondisi  baik mencapai 355.377 km.


Sedangkan jaringan air sampai tahun 2022 sudah terbangun jaringan distribusi dan sambungan rumah, menyebar di delapan wilayah untuk menyentuh 96.189 jiwa berakses air minum bersih.


Ade menjelaskan bahwa, sanitasi air minum pada tahun 2022 sudah terbangun tangki septik skala individu pedesaan minimal untuk 650 KK yang menyebar 13 Desa.


"Kita perlu lompatan lompatan pikiran yang visioner dengan semangat kokoh membangun Leu Auq- Lewo Tanah Lembata menuju Indonesia dalam spirit " Ta'an To'u." Tutup Ade Hasan Yusuf.


Usai kegiatan upacara, di pandu langsung oleh Camat Omesuri melakukan tabur bunga kepada para syuhada Bangsa, kemudian di lanjutkan Tots Kenegaraan terpusat pada aula Kantor Camat Omesuri di Dusun Sawarlaleng Balauring.


(Darjo/Red)