Notification

×

Akhiri Masa PKL, Kepala SMKN 6 Kupang Melepaskan 15 Siswa SMKS Surya Permata Eban TTU Secara Resmi

Sabtu, 23 September 2023 | September 23, 2023 WIB

smks_surya_permata_eban_ttu
Kepala SMKS Surya Permata Eban Timur Tengah Utara (TTU) Martiana Pani Tefa, S.Pd menerima Siswa PKL di SMK Negeri 6 Kupang (Dok. Foto: Matalinenews/ Fathur)

Matalinenews - Kupang, SMK Negeri 6 Kupang gelar acara pelepasan siswa- siswi dari SMK Swasta Surya Permata Eban yang telah mengikuti kegiatan PKL Terbimbing selama 3 bulan di Aula Utama SMK Negeri 6 Kupang pada hari ini, Jumat 22/09/2023.


Acara pelepasan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bentuk syukuran karena kegiatan selama 3 bulan sejak tanggal 24 Juli 2023 sampai dengan hari ini tanggal 22 September 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan semua siswa yang telah mengikuti kegiatan ini kembali pulang dalam keadaan sehat.


Kepala SMK Negeri 6 Kupang Asa Manason Lahtang, S.Pd, M.Pd kepada media matalinenews siang ini menyampaikan bahwa kegiatan PKL Terbimbing yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 6 Kupang kepaada siswa- siswi dari SMK Swasta Surya Permata Eban yang berlangsung kurang lebih 3 bulan ini sebagai bentuk berbagai praktek baik dari SMK Negeri 6 Kupang kepada sekolah yang memang secara fasilitas, kurikulum maupun dari pengajar yang masih kurang, dan sebagai sekolah pusat keunggulan adalah kewajiban kami untuk melakukan hal ini dan kita bersyukur bahwa kegiatan pembimbingan  siswa- siswi SMK Swasta Surya Permata Eban sudah berjalan dengan baik dan secara resmi kami melepaskan mereka kembali ke sekolah.


Asa juga menjelasakan bahwa, pada prinsipnya semua anak ini adalah baik, tidak ada anak yang dilahirkan dalam keadaan bodoh, sehingga kembali bagaimana kita berupaya untuk mendidik mereka, tempat tinggal bukan menjadi persoalan untuk mengasah pengetahuan dan walau jarak yang jauh dari daerah pedalaman namun tidak membatasi kita untuk belajar.


“Dengan Moto smekensix for NTT, SMK Negeri 6 Kupang mau melayani dan terbuka terhadap semua sekolah- sekolah di NTT bukan hanya SMK Swasta Surya Permata Eban saja akan tetapi juga SMK lain yang jika ingin bermitra dengan kami”. ungkap Asa 


“Saya berharap anak- anak tetap belajar sehingga menjadi pribadi- pribadi yang lebih unggul dan lebih tangguh.” ujar Kepala SMKN6 Kupang, Asa Manason Lahtang, S.Pd, M.Pd


Kesempatan yang sama,  Kepala SMKS Surya Permata Eban Timur Tengah Utara (TTU) Martiana Pani Tefa, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada SMK Negeri 6 Kupang,  dia berharap ini bukan merupakan hal yang terakhir  akan tetapi ke depan kami masih berharap kerjasama dengan SMK Negeri 6 Kupang.


“Kami berharap segala pengalaman yang didapat oleh siswa selama 3 bulan ini dapat dikerjakan di SMK Permata Eban dengan baik”. ungkap Martiana


Martiana juga menyampaikan terima kasih kepada kepala SMK Negeri 6 Kupang, dengan kesederhanaannya kami namun kami kembali dengan membawa pengalaman dari bapak ibu guru di sini dan bisa berbagi dengan anak- anak yang saat ini masih mengikuti praktek di tempat lain ataupun siswa-siswa yang saat ini berada di kelas 10 ataupun kelas 11.


Ditanya soal alasan kenapa memilih SMK Negeri 6 Kupang, dirinya menjelaskan bahwa karena SMK Negeri 6 Kupang adalah satu- satunya  sekolah yang memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang ada di NTT. 


Ketua Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Syufyanto Minggele, S.Kom menyampaikan bahwa  siswa-siswi PKL dari SMKS Permata Eban setelah tiba di kota Kupang kami memberikan pembekalan selama kurang lebih 2 minggu.


“Anak-anak kita bekali dengan kompetensi keahlian yang mereka miliki dan selanjutnya kami melepaskan mereka ke industri  yang merupakan mitra kami yaitu Stikom Artha Buana Kupang 10 siswa,  Jeck Advertising 2 siswa dan 3 siswa di sekolah SMK Negeri 6 Kupang. Sehingga jumlah 15  siswa  terdiri dari 9 perempuan dan 6 laki-laki. 


“Capaian yang diperoleh dari siswa melalui PKL ini adalah BAIK, dengan diberikan sertifikat dari Stikom Artha Buana Kupang dan juga dari sekolah SMK Negeri 6 Kupang sebagai Mitra induk PKL”.


"Anak- anak harus punya tekat, fokus dan harus punya komitmen untuk bagaimana mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang IT". harap Yanto


Selain itu, Anggela Sofia kosat mewakili siswa SMKS Surya Permata Eban menyampaikan terima kasih, karena sudah menerima siswa siswi SMKS Surya Permata Eban melaksanakan PKL di tempat ini.


“Kami juga menyampaikan terima kasih karena telah menyediakan tempat tinggal buat kaml”. ungkap Anggela


Dirinya juga merasa bangga karena mereka merupakan siswa-siswi SMKS Permata Eban angkatan pertama yang diterima di SMKN 6 Kupang juga merupakan hal perdana.


“Dirinya berharap melalui PKL dan pengalaman yang diperoleh dapat bermanfaat dan bisa berbagi dengan adik- adik di sekolah SMKS Permata Eban”. pungkas Anggela


Mewakili orang tua siswa SMKS Surya Permata Eban TTU Yoneta Nesi juga menyampaikan  syukur dan terima kasih  kepada guru-guru di SMK Negeri 6 Kupang karena sudah menerima dan membimbing anak- anak di sekolah ini. Kami berharap anak-anak kami sukses di masa yang akan datang.


Diketahi 15 siswa siswi asal SMKS Permata Ebas TTU adalah, Angela Sovia korsat, Alfianus Mano, Dionisius  Naben,  Aditha Tefa,  Elizabeth Ola,  getrudies N.  Anin,  Hironimus Meol, Kristoforus Zeth Sau, Lucianus Naben,  Maria Ermalinda   Banu, Maria Novita Tefa,  Maria Yulfrida  Banu,  Maria Florida Naben, Reneldis Angela Binsasi dan Yosmaria  Krisantus  Nali.


(Fathur)