Notification

×

Pria Berdarah Lamahala Jaya - Adonara, Flores Timur NTT, Ayodhia Kalake Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur NTT

Selasa, 05 September 2023 | September 05, 2023 WIB

ayodhia_kalake
Foto: Ayodhia Kalake resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur NTT menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi (Dok. Istimewah)

KUPANG - Ayodhia Kalake resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur NTT menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi, Bertempat di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (5/9/2023)

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi, yang berakhir masa jabatannya hari ini (05/09) bersama 9 pejabat eselon I lainnya, sebagai Pj Gubernur.


Ayodhia Kalake adalah Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves). Pria berdarah Adonara, Flores Timur, NTT, itu lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat.


Ayodhia Kalake meraih gelar Sarjana (S1) di Universitas Padjajaran dan menempuh program Magister (S2) di Universidad De Complutense, Madrid, Spanyol. Pada 2020, Ayodhia Kalake menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi.


Setahun kemudian, Ayodhia Kalake dipercaya menjadi anggota dewan komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk menggantikan Letjen (Purn) Sumardi berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).


Pada 3 Januari 2022, Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengangkat Ayodhia Kalake menjadi Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi. Jabatan tersebut merupakan unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Luhut.


Tokoh muda Lamahala Mas'ud Umar Atanggae, menyambut baik atas keputusan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi,


"Alhamdulillah kami merasa senang gembira, baik di minta atau tidak diminta,  tanggungjawab moril kami sebagai anak Lewotana siap mendukung kepemimpinan bapak Ayodhia Gehak Lakunama Kalake untuk memajukan bumi Flobamora yang tercinta". ungkap Mas'u


Dirinya berharap, semoga dalam kepimpinan Ayodhia Gehak Lakunama Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT mampu dijalankan amanh dengan baik dan sehat selalu dan diberi kekuatan oleh Allah dalam membangun NTT yang lebih maju kedepannya.


Terkait dengan jadwal kepulangan, Sekretaris Daerah Provinsi NTT Kosmas Lana, menyampaikan bahwa Pj. Gubernur NTT dan Ibu Sofiana Milawati selaku Pj. Ketua TP PKK NTT direncanakan akan tiba di Kupang pada Kamis (7/9/2023) siang.


Pada saat tiba di Bandara El Tari Kupang, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake dan Ibu beserta rombongan akan disambut oleh Forkompimda NTT dan Sekda NTT serta dirangkaikan dengan sapaan adat Natoni dan Tarian Kataga serta pengalungan kain tenun adat yang merupakan "kekayaan intelektual NTT".


(FTR)