Notification

×

Mukmin Amsidi Meraih Juara Harapan 1 Lomba Pemaparan Tesis Antar Kampus

Selasa, 31 Oktober 2023 | Oktober 31, 2023 WIB

mukmin_amsidi
Foto: Mukmin Amsidi 

MATALINENEWS, KALABAHI
- Mukmin Amsidi, nama mahasiswa asal Alor, Nusa Tenggara Timur, yang memenangkan penghargaan Juara Harapan 1 dalam perlombaan pemaparan tesis yang diadakan di wilayah Jawa Tengah dengan tema tesis yang dibawakan yaitu . "Pengembangan Film Animasi Berkonteks Rumput Laut Terintegrasi Problem Based Learning," berhasil mencuri perhatian dan pengakuan dari juri dan peserta lainnya.


Babak seleksi lebih dari 100  peserta yang mengikuti perlombaan ini, dari  latar belakang pendidikan S1 maupun S2 yang berbeda-beda, namun lolos ke tahap berikutnya sebanyak 23 orang mahasiswa yang diikuti oleh beberapa mahasiswa dari kampus ternama di Jawa Tengah yaitu UNS, UGM, UNDIP, UAD, UIN, Unnes, dan Unsoed.


Perlombaan ini mempertandingkan keterampilan pemaparan tesis dalam waktu terbatas, hanya diberikan waktu 3 menit bagi setiap peserta untuk menyajikan karyanya dengan gambar tidak boleh menggunakan slide lebih dari satu. Pria berkulit putih ini berhasil dalam kompetisi dan membawa pulang penghargaan bergengsi.


Tesis Mukmin Amsidi, yang berfokus pada pengembangan film animasi dengan menggunakan rumput laut sebagai elemen utama, menggabungkan kreativitas dan pendidikan dalam pendekatan Problem Based Learning. Pendekatan ini memungkinkan pembelajaran yang mendalam dan berpusat pada pemecahan masalah nyata.


Pada pemaparan tesisnya, Mukmin berhasil mengilustrasikan bagaimana metode Problem Based Learning dapat diintegrasikan dengan baik dalam pengembangan film animasi. Ia menjelaskan bahwa melalui pendekatan ini, para pelajar dapat memecahkan masalah dunia nyata dalam tim, mendorong riset independen, dan melatih keterampilan analisis kritis mereka.

Perlombaan ini melibatkan peserta dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Jawa Tengah, yang menyajikan beragam topik tesis yang menarik. Namun, Mukmin mampu menonjol kualitas pemaparan dan konsep inovatif yang dia bawakan dalam dunia animasi.

Penghargaan Juara Harapan 1 yang diterima oleh Mukmin Amsidi bukan hanya sebuah pencapaian pribadi yang membanggakan, tetapi juga prestasi yang memupuk kebanggaan bagi masyarakat Alor. Semoga prestasinya menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam dunia akademik dan industri animasi.


Dewan juri yang terlibat juga dari kampus-kampus berbeda yaitu Dr. Bagus Ardi Saputro (Universitas PGRI Semarang), Dr. Nikken Prima Puspita (Universitas Diponegoro), Dr. Putranto Hadi  Utomo (Universitas Negeri Sebelas Maret), dan Uha Isnaini, Ph.D (Universitas Gajah Mada)


Salah satu juri perlombaan ini,  Uha Isnaini, Ph.D, menyatakan bahwa kemenangan Mukmin Amsidi adalah hasil dari kerja keras dan didikasinya yang luar biasa dalam mengembangkan pendekatan baru dalam pembelajaran animasi. "Mukmin Amsidi telah memberikan kontribusi yang berharga bagi dunia pendidikan dan industri animasi.


Mukmin Amsidi merasa sangat bersyukur atas prestasinya dan berterima kasih kepada keluarga, mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi,  dosen pembimbingnya serta dosen UAD yang telah memberikan dukungan yang tak tergantikan selama proses penelitian dan pemaparan tesisnya.


Semoga karyanya yang inovatif terus menginspirasi inovasi dalam bidang animasi dan memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan dan industri kreatif di masa depan.


(Red)