Notification

×

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kupang Gelar Pengukuhan dan Raker

Senin, 22 Januari 2024 | Januari 22, 2024 WIB

rapat_kerja_muhammadiyah_kota_kupang
Foto: Pengurus PD Muhammadiyah Kota Kupang (Dok; Matalinenews)

MATALINENEWS, KUPANG
- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Kupang selenggarakan acara  Pengukuhan dan Rapat Kerja Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Kupang masa jabatan 2022 - 2027 pada Minggu (21/01/24) hari ini.


Hadir dalam acara yang berlangsung di aula utama SMP Muhammadiyah kota Kupang ini selain tamu undangan hadir juga pimpinan amal usaha Muhammadiyah se kota Kupang dan juga pimpinan wilayah Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur.


Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Kupang Drs. Abu Bakar Qosim, M. Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa didalam bermuhammadiyah yang mengelola amal usaha tidak hanya pimpinan saja tapi juga pimpinan di amal usaha.


Ia juga mengutip tiga hal yang merupakan pesan dari tokoh Muhammadiyah terdahulu yaitu Ar- Fachrudin dan Malik Fajar bahwa esensi di dalam bermuhammadiyah itu ikhlas, sungguh- sungguh dan juga adanya kerjasama. 


“Dengan 3 pesan diatas membuat Muhammadiyah dari dulu sampai dengan hari ini bahkan sampai masa yang akan datang akan tetap eksis.” ungkapnya


Menurut dia, keikhlasan dalam memimpin Muhammadiyah, sungguh-sungguh dalam memimpin Muhammadiyah dan adanya kerjasama dalam membangun perserikatan Muhammadiyah ini juga merupakan pesan untuk kita semua dalam menjaga Muhammadiyah khususnya di NTT.


Selain itu, ditanya soal progres PDM Kota Kupang periode ini, dirinya mengungkapkan bahwa selain pendidikan yang sudah ada, kita juga mencoba melakukan sebuah trobosan baru di bidang ekonomi dan kewirausahaan yang juga merupakan bagian dari kekuatan dalam mendorong perserikatan yang berada di NTT.


Dia menjelaskan, saat ini kita melihat kekuatan ekonomi seperti di SD Muhammadiyah 2 Kupang adalah sumur bor yang bisa kita perbanyakan seperti air galon.


“Saya berharap semua pengurus lembaga dan majelis dan seluruh warga Muhammadiyah kota Kupang mari kita menghidupkan Muhammadiyah dengan keikhlasan dan kejujuran, dengan keikhlasan dan kejujuran saya yakin Muhammadiyah kedepan akan lebih maju.” pungkas Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Kupang Drs. Abu Bakar Qosim, M. Pd.,


Selain itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Nusa Tenggara Timur (NTT) Dr. Syarifuddin Darajad, S.Sos., M.Hum juga menyampaikan bahwa sangat mendukung rapat kerja daerah yang dilaksanakan pada hari ini. Menurut dia rapat kerja daerah menjadi penentu dari gerakan Muhammadiyah khususnya pimpinan daerah Muhammadiyah kota Kupang ke depan.


Menurut Syarifuddin, ada beberapa program kerja yang insya Allah akan dilakukan oleh pimpinan daerah Muhammadiyah kota Kupang yang bisa menyentuh seluruh ranting-ranting Muhammadiyah melalui program konsolidasi daerah, konsolidasi-organisasi sampai di tingkat bawah.


“Saya juga melihat ada gerakan tarjih tajdid dan tabligh yang memang harus dikedepankan, karena itu merupakan program utama dari pimpinan pusat Muhammadiyah, Pimpinan wilayah Muhammadiyah hingga sampai pada pimpinan daerah Muhammadiyah.” terangnya


Sehingga menurutnya, program ini menjadi patokan bagi perserikatan Muhammadiyah untuk bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat dengan mengembangkan Islam sebagai gerakan rahmatan lil alamin, Islam sebagai gerakan wasathiyah dalam memberikan pemahaman-pahaman kepada masyarakat khususnya warga perserikatan Muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya di NTT dan kota Kupang


Ditanya soal dukungan dan keterlibatan Muhammadiyah NTT dalam pemilu 2024, pria asal Alor ini menjelaskan bahwa secara organisasi Muhammadiyah tidak terlibat dalam partai politik namun Muhammadiyah juga perlu memberikan dorongan-dorongan muril untuk memilih pemimpin-pemimpin yang tepat yang sesuai dengan hati nurani masing-masing.


“Muhammadiyah akan selalu memberikan support dorongan dalam pergerakan politik hari ini dan harapan Muhammadiyah bahwa ke depan diperlukan pimpinan-pimpinan yang bisa membawa bangsa dan negara ini ke depan.” pungkas Dr. Syarifuddin Darajad, S.Sos., M.Hum pada media ini, Minggu 21/01/2024. (Red)