Notification

×

Program KKN Dik, Mahasiswa UMS Disambut Baik PDM Kota Kupang

Jumat, 02 Februari 2024 | Februari 02, 2024 WIB

mahasiswa_kkn_dik_ums_desa_tliu
Foto: Mahasiswa KKN Dik Silaturahmi dengan PDM Kota Kupang. Dok; Fathur/MatalineNews

MATALINENEWS.KUPANG
-  Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mengirimkan mahasiswa dalam agenda Kuliah Kernja Nyata Pendidikan (KKN- Dik) di SD Muhammadiyah 2 Kupang, SMP Muhammadiyah Kupang dan juga di desa Tliu, kecamatan Amanuban Timur, kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS).


Mahasiswa yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 6 (enam) laki- laki dan 13 (tiga belas) perempuan ini melaksanakan kegiatan KKN- Dik selama 1 (satu) bulan lebih.


Nampa kehadiran mahasiswa disambut baik oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Kupang


Ketua  Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kupang Dr. Umar Ali, M.Pd menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik atas kehadiran mahasiswa KKN- Dik dari UMS di kota Kupang.


"Kami menyambut baik kehadiran adik- adik kita dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), karena ini sangat membantu persyarikatan  khususnya di amal usaha Muhammadiyah dalam rangka untuk mengembangkan pendidikan dengan pengalaman yang mereka terima". ujarnya.


Dia juga berharap,  dengan program- program yang sudah mereka programkan mungkin dapat diimplementasikan atau diwujudkan selama mereka melaksanakan KKNDik di  lembaga  Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).


"Hal menarik lain adalah KKN yang diwujudkan dalam KKN Pendidikan, ini sangat berkesan sekali untuk mereka bisa lakukan dan menuntaskan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan di bangku kuliah lembaga Pendidikan di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM)". pungkas ketua DIKDASMEN Umar Ali pada, Kamis (01/02/2024)


Selain itu koordinator KKN- Dik mahasiswa UMS Afrizal Febriansyah juga menyampaikan terima kasih, karena disambut baik oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) maupun pihak-pihak terkait seperti UMK kemudian SD dan SMP Muhammadiyah Kupang.


"Selain sambutan juga dukungan terhadap  program yang kami canangkan di AUM seperti Tempat Pengajian Qur'an (TPQ), kemudian di masyarakat nanti ada kesehatan dan di bagian SD SMP ada berupa sosialisasi." jelasnya


Rizal juga mengaku pihak PCM, PDM dan PTM sungguh mendukung penuh dan menyambut baik atas kehadiran kami. Harapannya kedepan kita bisa saling berkoordinasi dan program kami bisa berjalan dengan lancar.


Ditanya soal akses ke NTT, Rizal mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) lewat WhatsApp. Selain program KKN dia berharap silaturahmi bersama PCM dan PDM bisa berjalan dengan lancar.


Soal daerah KKN dengan keragaman masyarakatnya, dirinya dan tim KKN telah menyiapkan beberapa program yaitu selain penguatan Iman, kerja bakti kemudia juga program kesehatan yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat setempat.


"Kami tidak melepas diri sebagai seorang Muslim yakni cerminan diri seorang muslim dan bisa membangun sikap toleransi di tempat pengabdian." pungkas Afrizal.


Hadir dalam acara pertemuan, Ketua PDM Kota Kupang, sekretaris PDM Kota Kupang dan Ketua dan unsur pimpinan Dikdasmen PDM Kota Kupang. (Red).