Notification

×

Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah MUI Kota Kupang, Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Sabtu, 16 Maret 2024 | Maret 16, 2024 WIB

mui_kota_kupang
Foto: Ikustrasi Logo MUI

KOTA KUPANG
 - Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kupang melalui Panitia Bersama Ramadhan 1445 H akan menggelar Kegiatan Safari Ramadhan 1445 H. Kegiatan ini melibatkan ORMAS, OKP, Majelis Taklim dan Paguyuban Islam Tingkat Kota Kupang


Kegiatan Safari Ramadhan ini akan dirangkai dengan acara Buka Puasa Bersama dan Penggalangan Dana untuk Pembangunan Masjid dan Lembaga Pendidikan Islam serta pemberian santunan kepada kaum dhuafa yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.


Adapun kegiatan Safari Ramadhan 1445 H dipusatkan di 4 masjid yang menjadi sasaran yaitu : Masjid Al-Fatah Kampung Solor, Masjid Agung Baiturrahman Perumnas, Masjid Al-Faidah Oesapa dan Masjid Raya Nurussa’adah Kupang.


Kegiatan Safari perdana akan dilaksanakan pada Ahad 17 Maret 2024 di Masjid Al-Fatah Kampung Solor dengan Penceramah Ustadz Much Irfanuddin Al-Lukman, SQ, kedua di Masjid Agung Baiturrahman Perumnas pada Ahad tanggal 24 Maret 2024 dengan Penceramah Ustadz Dr. H. Mustafah Abdurrahman, MP, Masjid Al-Faidah Oesapa pada Ahad tanggal 31 Maret 2024 dengnan Penceramah Ustdaz H. Fadli Muin, S.Pd.I.,M.Pd.I dan Masjid Raya Nurussa’adah Kupang pada Ahad tanggal 7 April 2024 dengan Penceramah Ustadz Ahmad Haris, S.Sy.


Sasaran Safari Ramadhan 1445 H di 4 masjid tersebut karena sementara membangun untuk 3 masjid dan Masjid Raya Nurussa’adah Kupang perlu dilakukan renofasi terhadap atap yang bocor dan plafon yang sudah rusak.


Kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan oleh MUI Kota Kupang bersama ORMAS, OKP, Majelis Taklim dan Paguyuban Islam Tingkat Kota Kupang ini adalah yang ke-6, dan Insyaa Allah tiap tahun akan dilakukan karena merupakan program rutin MUI Kota Kupang


Untuk diketahui bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini selain untuk buka puasa bersama dan penggalangan dana untuk pembangunan masjid dan lembaga pendidikan Islam, lebih dari itu adalah untuk memupuk silaturahim dalam rangka memperkokoh ukhuwah Islamiyah karena kita baru saja selesai melaksanakan perhelatan demokrasi yakni pemilihan Presiden dan Legislatif  pada 14 Pebruari 2024 lalu, di mana banyak diantara Umat Islam yang berbeda pilihan dan tentunya terjadi gesekan-gesekan politik. Untuk itu momentum Bulan Suci Ramadhan 1445 H ini, wajib hukumnya bagi kita untuk memperkokoh ukhwah Islamiyah.


Tahun ini Ketua Panitia dinahkodai oleh dr. H.M. Ihsan dari Paguyuban Kontak Kerukunan Sosial (K2S) Keluarga Jawa Kota Kupang. Tiap tahun Ketua Panitia ditentukan secara bergilir dari ORMAS, OKP, Majelis Taklim dan Paguyuban Islam di Kota Kupang.


Harapan kami semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai rencana tanpa ada hambatan apapun sampai selesai bulan puasa.


(Red)